Bantu Warga Pra Sejahtera, RT 10 Kelurahan Rawasari Bentuk Program Tabungan Beras dan Dana Darurat

Bantu Warga Pra Sejahtera, RT 10 Kelurahan Rawasari Bentuk Program Tabungan Beras dan Dana Darurat

Tabungan Beras Warga RT 10 Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alam Barajo -Deva Monanda/Jambi Independent-

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Inisiatif Rukun Tetangga (RT) 10, Kelurahan Rawasari, Kecamatan Alambarajo, Kota Jambi untuk membantu warga pra sejahtera di lingkungannya patut diacungi jempol.

Berbagai program dibentuk oleh ketua RT 10, di antaranya tabungan beras dan dana darurat. program-program tersebut pun sudah berjalan beberapa tahun.

Ketua RT 10, Hanif Lubis mengatakan, memang di lingkungannya cukup banyak keluarga pra sejahtera atau keluarga kurang mampu.

Untuk membantu perekonomian warga, Hanif Lubis mengadakan program dana darurat Bergulir. Dana ini dikhususkan untuk warga yang memiliki kesulitan perekonomian.  

BACA JUGA:Simak Penjelasannya, Kenali dan Bedakan Galon Oplosan dan Asli

BACA JUGA:Kampaye Percepatan Turun Stunting Bersama BKKBN

Hanif Lubis mengatakan, program tersebut sudah berjalan selama 5 tahun, dan terdapat 62 Kartu Keluarga (KK) yang sudah meminjam, dengan jumlah uang yang telah beredar sekitar Rp69 juta.

"Berjalan lancar, sudah 5 tahun berjalan. Sampai saat ini sudah ada 62 KK yang sudah meminjam, dan uangnya pun sudah beredar sekitar Rp69 juta,” tuturnya.

Dia mengatakan, modal yang digunakan untuk program Dana Darurat Bergilir tersebut berasal dari uang infaq dari warga sekitar yang telah dikumpulkan.
 
Selain itu, ada juga program lainnya yang sudah berjalan. Yakni, penyediaan tabungan beras di masjid. Program ini dikhususkan untuk warga yang tidak mampu untuk membeli beras.

BACA JUGA:GP Ansor Angkat Bicara Mengenai Nama Gus Yang Viral Dipakai Samsudin Untuk Praktek Perdukunan

BACA JUGA:BKKBN Adakan Kampaye Percepatan Turun Stunting Bersama Komisi IX DPR RI

Hanif Lubis mengatakan, di RT tersebut masih banyak warga yang kondisinya tidak mampu. Maka dari itu, program ini diadakan untuk membantu meringankan warga, agar tidak mengalami kelaparan.

“Jadi, ada beberapa warga kita yang tidak mampu. Dia boleh ambil beras itu, untuk menjamin supaya warga kita tidak kelaparan. Program ini sudah berjalan selama 1,5 tahun,” kata dia.(mg02/tav/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: