Para Pelaku Penyelundupan BBM Ilegal yang Diamankan Satreskrim Polres Tanjab Timur, Diancam 6 Tahun Penjara

Para Pelaku Penyelundupan BBM Ilegal yang Diamankan Satreskrim Polres Tanjab Timur, Diancam 6 Tahun Penjara

Pelaku Penyelundupan BBM Ilegal--

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Setelah berhasil menggagalkan upaya penyelundupan 3 ton BBM ilegal yang melintasi wilayah hukum Polres Tanjab Timur dan juga berhasil mengamankan pelaku beserta barang bukti, selanjutnya pihak Satreskrim Polres setempat akan melanjutkan perkara ini dan berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan.

Kasat Reskrim Polres Tanjab AKP Ridho Perasetia saat diwawancarai di ruang kerjanya Selasa, 2 Agustus 2022 mengatakan, untuk seluruh barang bukti, yakni kedua kendaraan dan BBM ilegal serta tiga orang pelaku, saat ini sudah diamankan di Polres Tanjab Timur.

"Para pelaku masing-masing berinisial IS, AM dan EJ. Ketiganya merupakan warga Kota Jambi," ucapnya.

Dalam kasus ini, pihak Satreskrim Polres Tanjab Timur menerapkan pasal 54 undang-undang RI nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi, juncto pasal 55 KUHP.

BACA JUGA:3 Ton BBM Ilegal yang Diangkut Menggunakan 2 Mobil Xenia, Diamankan Satreskrim Polres Tanjab Timur

BACA JUGA:DBL Play MABAR High School Tournament

"Ancaman hukumnya yaitu, pidana penjara paling lama 6 tahun dan denda paling tinggi Rp 60 miliar. Kita juga sudah berkoordinasi dengan jaksa, dan telah mengirimkan Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) dalam kasus ini," ujarnya.

Untuk diketahui, 3 ton BBM ilegal ini berasal dari Desa Bayat, Kecamatan Bayunglincir, Kabupaten Musibanyu Asin, Provinsi Sumatera Selatan.

Rencananya BBM ilegal tersebut akan dijual ke wilayah Kualatungkal, Kabupaten Tanjab Barat. Di sana, sudah ada tempat dan penampung yang siap menerima BBM itu dari para pelaku tersebut.

Upaya penyelundupan ini sendiri berhasil digagalkan saat anggota Satreskrim Polres Tanjab Timur tengah melakukan razia di jalan lintas Jambi-Kualatungkal, yang berlokasi di Simpang Tuan, Kecamatan Mendahara Ulu, Kabupaten Tanjab Timur pada hari Kamis, 21 Juli 2022, sekitar pukul 18.46.

BACA JUGA:Romantisnya, Kevin Sanjaya Lamar Valencia Tanoesoedibjo di Jakarta International Stadium Saat Ultah ke 27

BACA JUGA:Kisah Cinta Zodiak Kamu, 3 Agustus 2022, Aquarius, Ada Begitu Banyak yang Dipertaruhkan Dalam Hubungan

Ketiga pelaku mengangkut BBM tersebut menggunakan dua mobil Xenia yang sudah dimodifikasi. Dimana, bagian bangku mobil di barisan kedua dan ketiga dari masing-masing mobil itu sudah dibuka. Lalu para pelaku memasukkan tedmond berisi BBM ilegal tersebut ke dalamnya.

Kedua mobil Xenia tersebut masing-masing memiliki Nopol BH 1855 HS dengan badan mobil berwarna putih dan mobil yang berwarna silver dengan Nopol BHB1398 BM.

Selain itu, pada bagian shock belakang mobil tersebut juga sudah dirubah. Kemungkinan, tujuannya agar kondisi badan mobil tidak terlalu mepet ke bagian ban yang bisa menimbulkan kecurigaan bahwa mobil tersebut tengah mengangkut beban yang berat. (pan/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: