Cegah Narkoba, Kapolres Bungo AKBP Bram: Perlunya Pengawasan Orang Tua

Cegah Narkoba, Kapolres Bungo AKBP Bram: Perlunya Pengawasan Orang Tua

Kapolres Bungo, AKBP Wahyu Istanto Bram Widarso--jambiindependent.disway.id

MUARABUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Tentu diperlukan pengawasan orang tua yang ekstra, mengingat kasus peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Bungo masih memprihatinkan.

Meski langkah- langkah penegakan hukum telah dilakukan, namun pelanggaran peredaran dan penyalahgunaan narkoba justru menunjukkan peningkatan.

Kondisi ini menunjukkan bahwa, perlunya edukasi dan sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba kepada masyarakat masih harus terus didorong. Tidak hanya oleh kepolisian, namun juga butuh dukungan dari komponen masyarakat Kabupaten Bungo terutama para orang tua.

Untuk itu, Kapolres Bungo, AKBP Wahyu Istanto Bram Widarso mengajak seluruh jajarannya untuk melaksanakan Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Psikotropika bagi masyarakat Kabupaten Bungo.  

BACA JUGA:Korban Perampokan di Sungai Bahar Ucapkan Terima Kasih ke Polda Jambi, Harap Pelaku Lainnya Dapat Ditangkap

BACA JUGA:Terkait Dugaan Pemalakkan Terhadap Siswa Baru SMPN 17 Kota Jambi, Bripka Solihin Bilang Begini

“Remaja adalah masa di mana seorang individu mengalami peralihan dari masa anak-anak menuju ke dewasa. Masa remaja disebut masa yang paling rawan dihadapi individu sebagai anak,” terangnya.

Lanjutnya, dari yang tadinya anak-anak, mereka mengalami perkembangan secara fisik maupun psikis dengan beberapa perubahan

“Adanya kecenderungan pengurangan tingkat pengawasan orang tua bisa berpotensi sang anak akan berteman dengan anak lain yang sudah menyimpang, bila hal itu terjadi, anak besar kemungkinannya untuk ikut menyimpang,” jelasnya.

Perbuatan menyimpang yang dimaksud olehnya, seperti melakukan balap liar, pencurian, pengerusakan, tawuran, seks bebas, mabuk-mabukan, teler atau bahkan mengkonsumsi narkoba.

BACA JUGA:Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 37 Dibuka, Airlangga: Manfaatkan Sebaik-baiknya

BACA JUGA:Baru Beraksi 3 Minggu, 2 Pelaku Illegal Drilling di Sarolangun Diringkus Polisi

“Semakin menyimpang perbuatan sang anak, akan semakin diakui oleh teman-temannya yang menyimpang,” jelasnya.

Guna menurunkan tingkat kejahatan di masa mendatang dan memastikan semua anak di Kabupaten Bungo memiliki masa depan yang cerah, Kapolres menilai perlu untuk menyebarluaskan pengetahuan terkait penyebab terjadi penyimpangan pada anak kepada seluruh orang tua guna mendorong semua orang tua untuk berupaya agar anaknya tidak menyimpang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://jambiindependent.disway.id/