40 Kades Incumbent Kembali Calonkan Diri, Ini Penjelasan Dinas PMD Tanjab Timur

40 Kades Incumbent Kembali Calonkan Diri, Ini Penjelasan Dinas PMD Tanjab Timur

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanjab Timur, Mariontoni. Foto : Irpandi --

MUARASABAK,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Jelang Pilkades Serentak di Kabupaten Tanjab Timur, diketahui 40 Kades incumbent akan kembali mencalonkan diri sebagai kades.
 
Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Tanjab Timur, Mariontoni mengatakan, dari informasi sementara yang ia terima, sedikitnya ada 40 Kades lama yang akan kembali ikut mencalonkan diri di wilayahnya pada ajang Pilkades nantinya.  
 
"Untuk calon Incumbent, menurut informasi sementara ada 40 orang dari total 45 kades yang rata-rata masa jabatannya akan berakhir di bulan Desember 2022 ini," ucapnya.
 
Pemkab Tanjab Timur sendiri di tahun 2022 ini akan melaksanakan Pilkades serentak di sepuluh kecamatan dari 11 kecamatan yang ada di kabupaten ini.
 
 
 
Dari 73 desa yang ada, 45 desa di antaranya akan melaksanakan Pilkades untuk menentukan siapa yang dianggap layak memimpin desa tersebut untuk periode 2023-2026 dari hasil suara terbanyak.
 
Dari informasi sementara, pada pelaksanaan Pilkades nanti mayoritas kandidatnya adalah wajah lama atau calon Kades yang berstatus Incumbent.
 
Sekda Tanjab Timur, Sapril saat diwawancarai di ruang kerjanya Rabu 29 Juni 2022 lalu menekankan kepada calon Kades yang berstatus Incumbent agar tidak memanfaatkan jabatan yang masih melekat pada dirinya untuk berbuat hal-hal yang bisa menyalahi aturan yang berlaku.
 
 
 
"Untuk calon Kades yang berstatus Incumbent harus bisa mendukung pelaksanaan Pilkades yang Demokratis di desanya," kata dia.
 
"Agar mereka bisa menjadi panutan dan contoh agar pelaksanaan Pilkades bisa berjalan dengan baik di wilayah mereka masing-masing," tegasnya.  (pan/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: