Calon Incumbent Harus Bersikap Demokratis, Sambut Pilkades Serentak di Tanjab Timur

Calon Incumbent Harus Bersikap Demokratis, Sambut Pilkades Serentak di Tanjab Timur

Sekda Tanjabtim Sapril minta calon Incumbent bersikap demokratis menghadapi pilkades serentak. Foto : Ivan--

MUARASABAK,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Bagi calon incumbent harus bersikap demokratis, jika ingin kembali mencalonkan diri sebagai kades di Kabupaten Tanjab Timur.
 
Menyambut pelaksanaan Pilkades serentak yang akan digelar pada bulan Oktober 2022 mendatang, berbagai langkah telah diambil oleh Pemkab Tanjab Timur.
 
Sekda Tanjab Timur, Sapril saat diwawancarai di ruang kerjanya Rabu 29 Juni 2022 lalu menekankan kepada calon Kades yang berstatus Incumbent agar tidak memanfaatkan jabatan yang masih melekat pada dirinya untuk berbuat hal-hal yang bisa menyalahi aturan yang berlaku.
 
"Untuk calon Kades yang berstatus Incumbent harus bisa mendukung pelaksanaan Pilkades yang Demokratis di desanya," kata dia.
 
 
 
"Agar mereka bisa menjadi panutan dan contoh agar pelaksanaan Pilkades bisa berjalan dengan baik di wilayah mereka masing-masing," tegasnya. 
 
Nantinya, pemilihan kepala desa di kabupaten ini akan dilakukan di 10 kecamatan yang ada.
 
"Pilkades serentak ini akan dilakukan di 10 kecamatan. Dari 73 desa yang ada di Kabupaten Tanjab Timur, 45 desa diantaranya akan melaksanakan Pilkades serentak nantinya di bulan Oktober 2022," ucapnya.
 
Dalam proses pelaksanaannya hingga nanti terpilih satu kandidat yang akan dilantik memimpin desanya, diharapkan agar semua pihak bisa menjaga kondisi serta situasi di wilayah masing-masing agar tetap aman dan terkendali.
 
Sebab, di setiap pelaksanaan Pilkada tidak menutup kemungkinan bisa terjadi gesekan antar pendukung dari masing-masing calon.
 
 
 
Untuk itu, diharapkan dalam pelaksanaanya nanti harus se demokratis mungkin.
 
"Apalagi ini Pilkades, di mana yang memilih, yang dipilih, panitia pemilihan dan sama-sama kita ketahui, biasanya di setiap desa itu antara satu dan yang lainnya masih ada hubungan kekeluargaan, jadi kami berharap agar bisa mengutamakan dan menjaga keamanan serta kerukunan dalam situasi apapun," ungkapnya. (pan/Zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: