Mahkamah Persekutuan Malaysia Bebaskan Pelaku Pembunuhan ART Asal Indonesia, Kok Bisa?

Mahkamah Persekutuan Malaysia Bebaskan Pelaku Pembunuhan ART Asal Indonesia, Kok Bisa?

Ambika, majikan di Malaysia yang membunuh TKI Adelina Lisao.--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ambika MA Shan, pelaku pembunuhan seorang ART asal Indonesia, Adelina Lisao dibebaskan oleh otoritas Malaysia.

Mahkamah Persekutuan Malaysia—setara dengan Mahkamah Agung di Indonesia, memutuskan pembebasan terhadap Ambika.

Adelina Lisao (15) meregang nyawa setelah mendapat penyiksaan dari Ambika MA Shan sebagai majikannya pada 2018 lalu. Jasad Adelina Lisao yang terdapat luka di sekujur tubuh, kemudian dibawa kembali ke Indonesia tepatnya di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Dikutip BBC, Majelis hakim yang beranggotakan Vernon Ong Lam Kiat, Harmindar Singh Dhaliwal, dan Rhodzariah Bujang menolak permohonan jaksa penuntut umum (JPU) untuk menggugurkan putusan Mahkamah Tinggi.

BACA JUGA:Bus Rombongan Anak SD Jatinangor Terjun ke Jurang, 3 Orang Tewas

BACA JUGA:Nabila Ishma dan Zara Buatkan Kue Khusus untuk Kado Ulang Tahun Eril

Dalam putusannya, Hakim Vernon, yang mengetuai majelis hakim, mengatakan Pengadilan Tinggi telah mengeluarkan putusan dengan benar dalam membebaskan majikan Adelina, Ambika MA Shan.

Putusan Mahkamah Persekutuan ini membuat Ambika bebas murni dan tidak bisa didakwa pidana atas kematian Adelina.

Merespon itu, Kedutaan Besar RI (KBRI) Kuala Lumpur mengatakan, pemerintah Indonesia akan tetap berupaya mendapatkan keadilan bagi mendiang Adelina Sau.

“Pemerintah Indonesia akan tetap mengupayakan keadilan bagi mendiang Adelina Sau, melalui jalur hukum perdata,” kata Direktur Pelindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri (Kemlu RI) Judha Nugraha dalam keterangannya, Sabtu 25 Juni 2022.

BACA JUGA:Berkas Tak Kunjung P21, Dua Tersangka Koperasi Indosurya Bebas dari Rumah Tahan Bareskrim

BACA JUGA:Sedih Banget, Film Dokumenter Paul Pogba Dapat Rating Buruk

Nugraha mengatakan, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia sejak awal. Termasuk telah menangkap tiga orang perekrut mendiang Adelina.

Kemlu RI melalui Konsulat Jenderal RI (KJRI) Penang Penang dan KBRI Kuala Lumpur juga telah berhasil mendapatkan hak-hak keuangan Mendiang berupa gaji selama bekerja dan hak lainnya. (*/dra)

Artikel ini telah tayang di fin.co.id dengan judul Malaysia Bebaskan Majikan Pelaku Pembunuh TKI Adelina Lisao

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: