Airlangga: Capres KIB Sudah Ada, Tinggal Diumumkan

Airlangga: Capres KIB Sudah Ada, Tinggal Diumumkan

Menko Airlangga Hartarto--

JAKARTA — Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menuturkan, partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) sudah memiliki calon yang akan diusung di Pilpres 2024. Airlangga membantah, keberadaan KIB untuk mengusung calon dari partai luar KIB.

“Pertama, calon sudah ada, cuma kita belum umumkan,” tutur Airlangga dalam keterangan, (8/6/2022).

Ia menambahkan, belum ingin menyebutkan nama calon yang akan diusung KIB. Namun, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini membeberkan ciri-ciri capres yang akan diusung KIB. Antara lain, capres tersebut memiliki karakter untuk bisa melanjutkan pembangunan era pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi KIB untuk mengawal pemerintahan Jokowi-Maruf dan melanjutkan pembangunan di periode mendatang.

"Melanjutkan pembangunan (di periode mendatang),” ujar Airlangga.

Menurutnya, hal itu karena partai KIB menjadi pendukung pemerintahan Jokowi-Maruf.

Ciri kedua, capres yang bakal diusung KIB adalah sosok yang antipolitik aliran. Selain itu, ia harus bisa menyatukan dan mencegah polarisasi di masyarakat.

Menurut Airlangga, parpol KIB memiliki satu kesamaan untuk mengikis polarisasi di masyarakat akibat gelaran Pilpres 2014.

“Itu salah satu hal yang didorong karena politik aliran tidak bisa dilepaskan dari tentunya yang super kiri dan super kanan. Kita tidak cari yang ekstrem," kata dia.

Selanjutnya, ciri yang paling penting sebagai sosok yang bakal diusung KIB sebagai capres adalah memiliki jam terbang tinggi dan pengalaman. Terutama menghadapi situasi politik yang sangat dinamis di Indonesia.

"Calon pasti harus memiliki pengalaman, pengalaman di pemerintahan, DPR, dan MPR. Dimanapun," tegas Airlangga.(rls/muz)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: