Baru Tahu, Ternyata Kampus UI dan UGM Jadi Target Kelompok Radikal

Baru Tahu, Ternyata Kampus UI dan UGM Jadi Target Kelompok Radikal

--

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Perguruan tinggi negeri di Indonesia menjadi target utama bagi kelompok berpaham radikalisme.

Mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi era Presiden Gus Dur, Muhammad A.S. Hikam menyebut, Kampus-kampus negeri tersebut diantaranya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). 

"Universitas terkenal di negara Indonesia, seperti ITB, IPB, UI, UGM, ITS, dan lain-lain itu adalah target utama dari pengembangan dari ide-ide radikalisme," kata Hikam dalam seminar yang digelar Universitas Paramadina, dikutip Sabtu 4 Juni 2022.

"Mahasiswa tidak hanya menjadi target penyebaran paham, tetapi juga disiapkan untuk dijadikan aktor utama gerakan radikal," ujarnya.

BACA JUGA:Tim Tenis Korem Gapu Ikuti Turnamen Piala Rektor Unja

BACA JUGA:Pengujian Vespa PTS Listrik Oleh Tim Elders Elettrico dihadiri Sandiaga Uno

Menururt Hikam, mahasiswa merupakan target paling penting bagi gerakan kelompok radikal. Hal itu karena jumlah mahasiswa yang besar serta bisa menyuarakan aspirasinya ke ranah publik.

Terkait pola perekrutan, kata Hikam, hal itu dilakukan dengan cara lembut maupun keras. Menurutnya, kelompok radikal tahu bagaimana bisa mendapat perhatian di hati mahasiswa.

"Mahasiswa bisa jadi target pengembangan ideologi dan target pelaku di dalam kegiatan-kegiatan terorisme," pungkasnya. (slt)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: