Imbangi Kebijakam The Fed, Ekonom Yakin BI Akan Naikkan Suku Bunga Acuan

Imbangi Kebijakam The Fed, Ekonom Yakin BI Akan Naikkan Suku Bunga Acuan

Bank Indonesia--

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID- Para Ekonom yakin bahwa Bank Indonesia (BI) Akan menaikkan suku bunga acuan. Hal ini terkait adanya kebijakan The Fed yang harus diikuti.
 
Disampaikan oleh Kepala Ekonom PT Bank Permata bahwa dirinya berkeyakinan bahwa 
Bank Indonesia (BI) akan menaikkan tingkat suku bunga acuan BI 7 Day Reverse Repo Rate (BI7 DRRR) sebesar 75 basis poin (Bps) pada semester II tahun ini. 
 
Menurutnya,jika diprediksi, suku bunga acuan itu tepat, maka BI7 DRRR diperkirakan akan mencapai 4,25 persen pada akhir tahun ini. 
 
 
 
Josua mengatakan, inflasi di AS memang sangat tinggi. Ini membuat kebutuhan pengetatan kebijakan moneter menjadi mendesak. 
 
"Saya kira BI memang akan menaikkan suku bunga acuan meski tidak seagresif Federal Reserve pada tahun ini," kata Josua Senin,30 Mei 2022.
 
Situasi berbeda terjadi di Indonesia di mana inflasi masih relatif terkendali meski ada peningkatan.
 
"Jadi kalaupun The Fed menaikkan Fed Fund Rate sampai 175 basis poin. Bukan berarti BI harus menaikkan BI7DRR dengan sama besarnya," ujar Josua.
 
 
 
Josua optimis naiknya suku bunga acuan The Fed tidak akan serta merta membuat aliran modal asing keluar dari Indonesia dan kembali ke AS. Berbagai indikator fundamental perekonomian Indonesia menunjukkan perkembangan yang solid dan bagus.
 
"Jadi Indonesia tetap dipandang sebagai tempat yang menarik bagi investor asing," pungkas Josua.
 
Sebagaimana diketahui, Bank sentral AS The Fed masih akan agresif dalam menjalankan kebijakan suku bunga moneternya guna meredam inflasi yang sangat tinggi. (viz)
 
Artikel ini sudah tayang di fin.co.id
Dengan judul BI Diyakini Bakal Kerek Suku Bunga Acuan 75 Bps di Semester II Ekonom Untuk Mengimbangi Kebijakan The Fed
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: