Belasan CJH Ditunda Keberangkatannya, Kemenag Bungo Beberkan Alasannya

Belasan CJH Ditunda Keberangkatannya, Kemenag Bungo Beberkan Alasannya

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bungo, Syamsuri .-ima-https://jambiindependent.disway.id/

MUARABUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Kemenag Kabupaten Muarabungo mencatat, pada tahun 2022 ini kabupaten Muarabungo hanya diberi kuota haji sebanyak 96 orang Calon Jamaah Haji (CJH).

 

Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kabupaten Bungo, Syamsuri mengatakan, pada tahun ini ada syarat usia bagi calon jamaah haji yakni, mulai 18 tahun hingga 65 tahun.

 

Hanya saja memang disebutkan Syamsuri, ada beberapa CJH yang terpaksa keberangkatanya pada tahun ini ditunda, dan akan diusulkan keberangkatannya pada momen haji tahun mendatang.

“Ada sekitar 15 orang yang ditunda,” kata Syamsuri, Selasa 24 Mei 2022.

 BACA JUGA:Begini Cara Merawat Motor Dengan Fitur Rem ABS

BACA JUGA:Habis, Lima Rumah di Kampungnelayan Tungkal Terbakar Malam Tadi

Kata dia, alasan ditundanya keberangkatan 15 CJH asal Kabupaten Muarabungo itu lantaran, mereka telah berusia di atas 65 tahun. Beberapa di antaranya bahkan, terpaksa harus terpisah keberangkatannya bersama anggota keluarga CJH lainnya.

 

“Misal pasangan suami istri, si istri di atas 65 tahun terpaksa ditunda dan akan kita usulkan untuk keberangkatan tahun depan,” sebutnya.

 

Terkait kondisi ini, Syamsuri menyebutkan pihaknya telah membuat surat pernyataan dan diajukan ke pemerintah pusat, terkait usulan keberangkatan haji pada tahun 2023 mendatang.

 

Syamsuri mengatakan, penundaan ini juga berdasarkan aturan yang dikeluarkan pihak Arab Saudi, dalam hal penanganan Covid-19. Di mana, usia 65 tahun ke atas tersebut sangat rentan terjangkit Covid-19, menimbang kasus ini belum sepenuhnya teratasi.

BACA JUGA:Ditetapkan sebagai Tersangka, Eks Dirut RSUD Kol Abunjani Bangko Sebut Tak Bersalah

BACA JUGA:Tak Ada yang Mengenalinya, Pj Bupati Sarolangun Hendrizal Temukan Ruang VIP RSUD Chatib Quzwein Tak terurus

 

“Termasuk syaratnya harus sudah vaksin kedua, sedangkan untuk vaksin booster yang diterima adalah jeniz Pfizer,” kata dia.

 

Untuk itu, ia mengimbau ke para CJH Kabupaten Muarabungo, nantinya jika sudah berada di tanah suci Makkah dapat menjaga kesehatan mereka agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. (mai/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://jambiindependent.disway.id/