5 Jenis Penyakit Kulit yang yang Sering Terjadi, Ini Jenisnya

5 Jenis Penyakit Kulit yang yang Sering Terjadi, Ini Jenisnya

Penyakit Kulit yang Umum pada Manusia -pixabay-

JAMBI-INDEPENDNET.CO.ID- Penyakit kulit adalah segala jenis gangguan yang mempengaruhi kulit manusia.

Penyakit kulit mencakup berbagai macam penyakit yang mempengaruhi kulit, termasuk infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, reaksi alergi, keganasan kulit, dan parasit. Penyakit ini bisa bersifat genetik, dan juga dapat menyebabkan ruam, peradangan, gatal, dan perubahan kulit lainnya.

Penyakit kulit disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan yang mendasari dan faktor gaya hidup tertentu. Beberapa di antaranya meliputi:

  • Jamur atau parasit di kulit
    Diabetes
    Kulit mengelupas
    kulit kering atau pecah-pecah
    hilangnya pigmentasi kulit

Berikut adalah lima jenis penyakit kulit yang umum:

1) Eksim (dermatitis atopik)
Eksim adalah peradangan gatal pada kulit yang membuat kulit menjadi merah, kering, dan gatal. Eksim biasanya berkembang pada usia dini, tetapi juga dapat terjadi pada usia berapa pun. Meskipun penyebab eksim belum diketahui, penelitian menunjukkan bahwa itu mungkin dipicu oleh sistem kekebalan yang terlalu aktif. Eksim dapat memengaruhi bagian tubuh mana pun, tetapi sebagian besar memengaruhi lengan, lutut, dan kulit kepala. Eksim dapat diobati dengan obat-obatan seperti antihistamin oral over-the-counter (OTC) dan juga terapi.

2) terbakar sinar matahari
Sunburn adalah jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh terlalu banyak terpapar sinar matahari. Kulit terbakar menyebabkan rasa sakit dan terbakar pada kulit. Studi menunjukkan bahwa kulit terbakar juga dapat meningkatkan risiko penyakit kulit, bintik-bintik coklat dan bintik-bintik. Gejala dan indikator terbakar sinar matahari biasanya terjadi dalam beberapa jam setelah terpapar sinar matahari. Namun, menentukan tingkat keparahan sengatan matahari mungkin memakan waktu satu hari atau lebih.

BACA JUGA:Unjuk Rasa Minyak Goreng di Jambi Keos, Polisi Tembakkan Gas Air Mata

BACA JUGA:Jaga Kemampuan Fisik, Personel Koramil Telanaipura Ikuti Garjas Periodik

3) Rosasea
Rosacea adalah penyakit kulit yang menyebabkan kemerahan dan benjolan berisi nanah di wajah. Rosacea kadang-kadang disalahartikan sebagai jerawat, tetapi perbedaannya adalah meskipun kemerahan jerawat terletak di sekitar jerawat, kemerahan rosacea biasanya menutupi area yang luas. Meskipun rosacea dapat menyerang siapa saja, sebagian besar umum terjadi pada wanita paruh baya.

4) Ruam popok (dermatitis popok iritan)
Ini adalah penyakit kulit yang sering dikaitkan dengan bayi. Ini adalah penyakit kulit yang muncul sebagai bercak kulit merah cerah yang meradang di bokong. Ini sering disebabkan oleh iritasi dari tinja dan urin, infeksi bakteri atau jamur, atau antibiotik.

5) Kaki Atlet (Tinea Pedis)
Kaki atlet adalah infeksi jamur umum yang terjadi pada jari kaki dan kaki. Ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki kaki berkeringat karena mengenakan sepatu ketat. Kaki atlet dapat terjadi pada satu atau kedua kaki. Gejala umum kaki atlet termasuk kulit mengelupas atau pecah-pecah di antara jari-jari kaki dan lepuh gatal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: