Siap Hadapi Musim Kemarau, Antisipasi Karhutla Mulai Digencarkan BPBD Tanjab Timur

Siap Hadapi Musim Kemarau, Antisipasi Karhutla Mulai Digencarkan BPBD Tanjab Timur

Pihak TNI-Polri bersama BPBD Tanjab Barat saat memberikan imbauan karhutla ke pemilik kebun.-ist-https://jambiindependent.disway.id/

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Memasuki musim pancaroba di tahun ini, Kabupaten Tanjab Timur akan mengalami kemarau basah hingga beberapa hari kedepan.

Artinya, meski di sejumlah wilayah suhu panas sudah mulai terasa bahkan berbeda dari hari-hari sebelumnya. Akan tetapi guyuran hujan masih kerap terjadi, walaupun tidak terlalu rutin terjadi.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tanjab Timur, Indra Gunawan menjelaskan, menurut surat dari BMKG Provinsi, bahwasannya saat ini Kabupaten Tanjab Timur masih memasuki musim pancaroba.

Kemudian, memasuki minggu ketiga bulan Mei 2022 ini, Kabupaten Tanjab Timur baru akan memasuki awal musim kemarau.

BACA JUGA:Tinjau Sejumlah Peternak, AKBP Guntur: Belum Ada Ditemukan Indikasi PMK

BACA JUGA:Timnas Indonesia U-23 Lolos ke SemifInal SEA Games, 2Masih Banyak PR Berat

"Kemarau di tahun ini masuk kategori kemarau semi basah. Jadi, walaupun cuaca terasa panas, akan tetapi masih ada hujan yang turun," jelasnya.

Indra mengatakan, saat ini petugas BPBD Tanjab Timur tengah melakukan persiapan untuk melakukan patroli antisipasi Karhutla.

"Kami akan berkoordinasi dengan pihak TNI Polri untuk persiapan patroli guna mengantisipasi Karhutla di musim kemarau ini," ucapnya.

Dirinya juga meminta, agar pengawasan terkait antisipasi Karhutla juga sudah mulai lebih diperketat di tingkat Kecamatan, Desa dan Kelurahan, mengingat saat ini Kabupaten Tanjab Timur telah memasuki musim kemarau.

"Mudah-mudahan kita semua di Tanjab Timur bisa mengantisipasi masuknya musim kemarau ini dengan baik dan benar. Sehingga tidak muncul hal-hal yang tidak kita inginkan, seperti adanya kasus Karhutla dan lain sebagainya," pungkasnya. (pan/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://jambiindependent.disway.id/