Tinjau Sejumlah Peternak, AKBP Guntur: Belum Ada Ditemukan Indikasi PMK

Tinjau Sejumlah Peternak, AKBP Guntur: Belum Ada Ditemukan Indikasi PMK

Kapolres Bungo, AKBP Guntur Saputro yang juga Ketua Satgas Pangan, saat berbincang dengan peternak terkait penyakit mulut dan kuku hewan.-ist-https://jambiindependent.disway.id/

MUARABUNGO, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Menyikapi ancaman penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak, jelang hari raya Idul Adha 1443 H, Tim Satgas Pangan Kabupaten Muarabungo meninjau sejumlah peternakan sapi.

Wakil Ketua Satgas Pangan Kabupaten Muarabungo, AKBP Guntur saputro mengatakan, penyakit ternak ini harus dicegah agar tidak berefek pada harga daging dan hewan kurban yang akan menimbulkan gejolak di masyarakat. 

Meski demikian diakuinya, wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang terindikasi terhadap hewan ternak sapi, belum ditemukan di Kabupaten Bungo.

“Kita masih terus melakukan pemantauan terhadap wabah tersebut. Hingga saat ini, belum ada ditemukan  sapi di Kabupaten Muarabungo yang terindikasi wabah PMK,” kata dia, Senin 16 Mei 2022.

BACA JUGA:Diduga Jadi Korban Hipnotis, Seorang Ibu Penjual Yakult di Kota Jambi Kehilangan Sepeda Motornya

BACA JUGA:Bus Pariwisata Tabrak Tiang VNS di Tol Surabaya-Mojokerto, 11 Orang Tewas

Bersama Dinas Peternakan Kabupaten Muarabungo, pihaknya mengencek sejumlah peternak di beberapa kecamatan. Sebagai antisipasi dan upaya pencegahan kata dia, yakni  dengan supporting vitamin untuk hewan ternak berkuku belah yang ada di Bungo dapat dilakukan Dinas Peternakan.

“Termasuk meningkatkan kewaspadaan terhadap peternak serta hewan ternaknya dengan pengecekan oleh dokter hewan melalui pemeriksaan mulut, ada luka atau tidak? serta pemeriksaan kuku kaki,” terangnya. (mai/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://jambiindependent.disway.id/