Pasca Lebaran Sejumlah Penyakit Ini Mengintai, Berikut Penjelasan Dinkes Tanjab Timur

Pasca Lebaran Sejumlah Penyakit Ini Mengintai, Berikut Penjelasan Dinkes Tanjab Timur

Kadis Kesehatan Tanjab Timur, Ernawati.--

 MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Berbagai macam kuliner tentu kerap dijumpai pada momen lebaran. Tentunya,  sejumlah penyakit pun mengintai jika mengkonsumsi secara berlebihan terhadap berbagai kuliner yang ada.

Adapun penyakit yang kerap timbul seperti, radang tenggorokan, kolesterol dan juga beberapa penyakit lainnya.

Menyikapi hal tersebut, Kadis Kesehatan Tanjab Timur,  Ernawati menuturkan, masyarakat hendaknya harus menjaga pola makan agar tidak berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

"Kita ketahui bersama, selama Idul Fitri tentunya akan banyak di antara kita yang biasanya akan membuat kuliner dengan kadar lemak cukup tinggi yang akan disajikan dan disantap bersama di saat momen lebaran. Untuk itu, kita hendaknya juga harus mempertimbangkan kesehatan kita saat akan menyantap makanan tersebut," tuturnya.

BACA JUGA:Dua Innova di Bungo Tabrakan, Duh Kok Bisa

BACA JUGA:Catatan Buruk MU, Usai Dibantai Brighton

Dirinya menyebutkan, dampak positif dari mengatur pola makan dalam kehidupan sehari-hari tentunya akan berdampak baik untuk tubuh, terutama dari segi kesehatan.

"Bagi umat muslim, tentunya sudah pernah mendengar Sunnah Nabi Muhammad yang mengatakan untuk makan lah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Sunnah itu jika dikaji dari segi kesehatan, itu tujuannya untuk memberikan space (ruang) pada organ pencernaan kita agar bisa bekerja dengan maksimal," sebutnya.

Dirinya juga menjelaskan, mengkonsumsi makanan berlemak dan minuman bersoda sebenarnya tidak dilarang, asalkan tidak terlalu berlebihan.

BACA JUGA:Jelang Hadapi Timnas Indonesia, Pemain Timor Leste Terpapar Covid-19

BACA JUGA:Jessica Iskandar Melahirkan Anak Kedua Secara Normal

"Untuk mereka yang mengidap penyakit tertentu, pastinya harus menghindari makanan yang dilarang untuk dikonsumsi agar tidak membahayakan diri sendiri. Seperti mereka yang mengidap penyakit maag, tentunya harus menghindari agar tidak mengkonsumsi minuman bergas," jelasnya.

Erna, sapaan akrab Kadis Kesehatan ini juga mengungkapkan, potensi penyakit yang akan timbul pada perayaan lebaran ini biasanya yaitu penyakit diare.

"Saat ini kondisi cuaca kan cukup panas, dan itu yang kita wanti-wanti setelah lebaran ini potensi penyakit yang akan timbul yaitu diare," ungkapnya. (pan/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: