Italia vs Inggris, Berikut Statistik serta Head to Head yang Perlu Diketahui, Gli Azzurri Impresif

Italia vs Inggris, Berikut Statistik serta Head to Head yang Perlu Diketahui, Gli Azzurri Impresif

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, LONDON - UEFA EURO 2020 bakal menampilkan duel terpentingnya saat Inggris jumpa Italia pada partai final yang berlangsung di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB.

Kedua tim tampil impresif sepanjang turnamen dan bertekad mencetak sejarah di laga nanti.

Italia di bawah asuhan Roberto Mancini masih memegang rekor 33 laga tak terkalahkan bakal berusaha membuat kecewa penonton Inggris yang secara tidak langsung bertindak sebagai tuan rumah karena laga dihelat di Wembley, Inggris.

Raheem Sterling dan kolega, disisi lain, sempat menampilkan performa kurang meyakinkan saat lawan Denmark di semifinal. Beruntung, Inggris mampu mengejar ketertinggalan dan memenangi laga dengan skor tipis 2-1.

Rekor Pertemuan

Gli Azzurri memiliki rekor cukup baik saat melawan Inggris dengan memenangi 11 pertandingan dari 30 kali pertemuan. Sedangkan Tim Tiga Singa -julukan Timnas Inggris- hanya sanggup mengais delapan kemenangan.

Pertandingan terakhir kedua negara terjadi pada 2018 silam di laga persahabatan. Saat itu Inggris dan Italia bermain imbang 1-1 di tempat yang sama (Wembley). Pada pertandingan tersebut Lorenzo Insigne yang masih berada dalam skuad Gli Azzurri mampu mencetak gol penyama kedudukan jelang laga usai.

Artinya Harry Kane dan kolega harus berhati-hati di final nanti jika masih mau merengkuh trofi pertamanya di EURO.

Fakta Menarik

Timnas Inggris

Harry Kane dan Raheem Sterling telah berkontribusi dalam tujuh dari sepuluh gol Inggris di EURO 2020. Artinya lebih dari separuh gol Tim Tiga Singa di turnamen ini berasal dari kedua pemain itu.

Khusus Kane, setelah sempat absen bikin gol di babak grup, penyerang Tottenham Hotspur ini seakan mengamuk di fase gugur dengan torehan empat gol hanya dari tiga pertandingan terakhirnya. Sebuah alarm bahaya bagi lini belakang Italia yang dikawal dua bek veteran Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci.

Inggris harus menunggu selama 55 tahun untuk bisa kembali berlaga di final sebuah turnamen besar. Terakhir kali The Three Lions maju hingga partai puncak terjadi pada Piala Dunia 1966, di mana mereka keluar sebagai juara.

Skuad asuhan Gareth Southgate berharap bisa meniru kesuksesan tersebut. Apalagi saat menjuarai Piala Dunia 1966, Inggris memainkan finalnya di Stadion Wembley, tempat berlangsungnya final EURO 2020 .

Sumber: