Butuh Pemeliharaan Intensif

Butuh Pemeliharaan Intensif

JAMBI-INDEPENDENT.CO ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Pemerintah Kelurahan Orang Kayo Hitam (OKH), Kecamatan Pasar, Kota Jambi berharap adanya tindakan yang lebih intensif dari Pemkot Jambi, melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) untuk pemeliharaan sungai di RT 03, 04, 05, 06, 07 dan RT 11 yang saat ini mendapatkan program pembersihan Pakar Kasih.

Lurah OKH, Mery Simbolon mengatakan, meski sudah mendapatkan program Pakar Kasih, namun tetap membutuhkan penanggulangan lebih lanjut terkait sampah di kawasan itu. Mengingat, sungai di kelurahannya merupakan muara tempat berkumpulnya sampah. 

"OKH merupakan kawasan paling ujung yang berada di pintu air, sehingga sampah dari mana-mana, tumpahnya di Kelurahan OKH," katanya.

Terlebih, kata dia ada potensi yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat di kawasan itu. Salah satunya, bangunan kuno zaman dahulu yang dapat dimanfaatkan sebagai tempat kuliner. 

"Di kawasan itu ada bangunan yang bisa dimanfaatkan untuk tempat kuliner. Kita akan adakan gotong-royong, setelah Pakar Kasih ini pembersihan tetap. Karena tidak cukup cuma dengan waktu 16 hari pengerjaan saja," jelasnya.

Selama ini, kata dia memang kawasan tersebut belum pernah disentuh sama sekali, sehingga sampah sudah menjadi tumpukan yang luar biasa tebal. "Aliran sungai juga tidak ada damnya, sehingga tanah akan longsor. Ini sangat kami khawatirkan. Serta di dalam serba-serbi pakar kasih, juga kita turun ke kolong-kolong rumah masyarakat, ditemukan ular," jelasnya.

Diketahui, Pakar Kasih kali ini melibatkan 29 orang selama 16 hari. Para pekerja merupakan warga sekitar yang RTnya mendapatkan pekerjaan ini.(tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: