Tumpukan Sampah dan Sedimentasi Berkurang

Tumpukan Sampah dan Sedimentasi Berkurang

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI - Kini sampah-sampah dan sedimentasi di aliran Sungai Tembuku, Kelurahan Sulanjana tampak lebih bersih dibandingkan sebelumnya. Ini lantaran adanya pembersihan kali, melalui Pakar Kasih.

Lurah Sulanjana, Husin mengatakan bahwa di kelurahannya, ada pembersihan yang dilakukan secara swadaya oleh warga di beberapa RT. Di antaranya, di RT 05, RT 07, RT 08, RT 12, RT 13, RT 14, RT 15 dan RT 16.

"Pembersihan dilakukan oleh warga sekitar melalui program Pakar Kasih yang belum lama selesai," katanya.

Dirinya mengaku, program ini sangat baik dilakukan. Bahkan jika perlu, dapat dilanjutkan setiap tahunnya. Mengingat, kawasan tersebut memang memerlukan pembersihan. Tumpukan sampah dan semak belukar yang selama ini memberi kesan kumuh, berkurang karena program tersebut.

Ditambah lagi, menurutnya Sungai Tembuku memerlukan penggerukan dan normalisasi. Hanya saja, terkendala oleh alat berat yang tak bisa masuk.

"Dengan pembersihan ini, cukup terbantu. Artinya normalisasi manual. Karena alat berat tak ada aksesnya, di sini jalan sempit," bebernya.

Selain itu, melalui program pembersihan tersebut, masih kata Husin, tak hanya baik untuk lingkungan. Namun juga berdampak baik bagi ekonomi warga.

"Pembersihan kali sepanjang 1.590 meter ini melibatkan warga sekitar, sehingga keakraban gotong-royong pun terjalin. Dan juga mereka mendapatkan upah dari pembersihan ini," ujarnya.

Husin berharap, program Pakar Kasih dapat terus diadakan setiap tahunnya. Karena dengan adanya program ini, sungai di Kelurahan Sulanjana yang awalnya digenangi sampah dan tertutup semak belukar, menjadi bersih. Selain itu, pemberdayaan masyarakat juga berjalan lancar. (tav/enn).

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: