Butuh Tambahan Armada Pengangkut Sampah

Butuh Tambahan Armada Pengangkut Sampah

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, MUARATEBO – Enam unit armada kebersihan Dinas Lingkungan Hidup dan Perhubungan (DLHP) Tebo, dinilai belum mampu membuat wajah Kabupaten Tebo bersih. Dari jumlah itu, 3 unit ditempatkan di Tebo Tengah, kemudian di Kecamatan Rimbo bujang sebanyak 2 unit. Dan satu unit kendaraan lagi ditempatkan di Pulau Temiang.

Kasi Pelayanan Kebersihan dan Pengolahan Sampah, DLHP Tebo, Arpan, menjelaskan, paling tidak harus dilakukan penambahan truk pengangkut sampah sebanyak 3 unit. Pasalnya, setiap hari dari dua kecamatan di Kabupaten Tebo, sampah yang di bawa ke TPA sebanyak 5 truk. Artinya, kendaraan kewalahan dengan jarak tempuh.

"Untuk yang ditempatkan di kecamatan Tebo tengah harus bergilir setiap hari mengambil sampah di Tebo Ilir dan Tengah Ilir untuk di bawa ke TPA yang berada di Ladang Pajang Kecamatan Rimbo Ilir,” katanya.

Selain jumlah armada truk yang kurang, kendaraan Becak Motor (Bentor) yang mengumpulkan sampah warga ke TPS juga kewalahan. Kini kabupaten Tebo hanya memiliki 13 bentor yang ditempatkan di 4 kecamatan. Dan jumlah tersebut paling tidak harus ditambah 10 unit lagi.

Dijelaskannya untuk Bentor ditempatkan di Kecamatan Tebo Tengah 7 unit, kemudian Tebo Ilir 1 unit, kemudian Tebo Ulu 1 unit dan sebanyak 4 unit ditempatkan di Kecamatan Rimbo Bujang. Jika nantinya ada penambahan armada nantinya akan diratakan secara penempatan.

"Kita butuh tambahan juga, dengan jumlah TPS yang sedikit, kita harus menjemput sampah warga,” jelasnya.

Apabila ditambahkan jumlah bentor dan truk, artinya jumlah tenaga kebersihan juga harus ditambah lagi. Menurutnya ini perlu, karena untuk menjaga kebersihan kabupaten Tebo. (wan/ira)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: