Ikut Misi Perdamaian Dunia, 4 Personel Polda Jambi Kembali ke Tanah Air 31 Januari 2022

Ikut Misi Perdamaian Dunia, 4 Personel Polda Jambi Kembali ke Tanah Air 31 Januari 2022

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Jambi – Empat personel Polda Jambi, bergabung dengan misi perdamaian dunia atau Peacekeeper Polri di Darfur, Sudan, Afrika Utara.

Keempatnya yakni, Iptu Rafno dari Ditreskrimsus Polda Jambi, Bripka Heri Kuswanto dan Briptu Elisa Junia dari Satbrimob Polda Jambi, dan Bripka Wachyudi dari Ba Satresnarkoba Polresta Jambi. Mereka tergabung dalam Pasukan FPU Indonesia.

Empat personel tersebut, berangkat bersama dengan 140 personel Polri lainnya, menuju daerah misi di Darfur, Sudan, Afrika Utara dengan misi FPU XII UNAMID dan UN GU.

Pertama kalinya FPU Indonesia mengemban 2 misi sesuai mandat dari Dewan Keamanan PBB Nomor 2559 Misi UNAMID dinyatakan berakhir TMT 1 Januari 2021. Namun Karena penilaian kinerja yang baik, maka FPU XII UNAMID terpilih sebagai salah satu FPU dari 11 kontingen yang ada untuk melanjutkan misi baru yaitu menjadi UN GU bertanggung jawab mengemban misi pengamanan dunia, tentu menjadi sebuah cerita.

Perubahan cuaca, adat budaya hingga ancaman dari para pemberontak menjadi hal yang harus dihadapi. "Selama bertugas di daerah misi banyak suka duka dan tantangan yang kami hadapi, dengan cuaca yang ekstrem. Seperti dingin dan badai. Pada misi FPU, personel ditugaskan untuk pengamanan Mako (Observation Post), Security Camp, Patroli ke Camp pengungsian, Pengawalan pers dan Asset UN, pelaksanaan misi UNAMID di Golo berakhir pada bulan Maret 2021 yang ditandai juga berakhirnya misi UNAMID, setelah terjadinya kesepakatan perdamaian antara pemberontak dengan pemerintah atau Perjanjian Juba dan melanjutkan misi UNGU di Elfasher, Sudan,” kata Bripka Wachyudi.

Mereka tetap semangat melaksanakan tugas walaupun sudah berjalan 15 bulan. Informasinya, menurut jadwal mereka akan kembali ke tanah air pada 31 Januari 2022. (*/rib)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: