Bantuan Beras Mulai Disalurkan

Bantuan Beras Mulai Disalurkan

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, BANGKO – Pemkab Merangin, saat ini tengah menyalurkan bantuan untuk masyarakat yang terdampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Mashuri, Plt Bupati Merangin mengatakan, bantuan tersebut akan segera disalurkan ke masyarakat Kabupaten Merangin, terkhusus masyarakat yang merasakan dampak dari PKMM.

“Jadi untuk Kabupaten Merangin, beras yang akan kita salurkan ada untuk sebanyak 13.712 KK. Bantuan sosial PPKM ini akan didistribusikan secepatnya kepada masyarakat, yang ekonominya anjlok akibat dampak Covid-19,” ujarnya.

Sasaran bantuan sosial ini, kata Mashuri, berada di seluruh desa dalam Kabupaten Merangin, yang tersebar di 24 kecamatan. Ditargetkan, bantuan sosial itu akan rampung sampai ke masyarakat dalam dua minggu ini.

Bantuan sosial PPKM ini, merupakan program Pemerintah Pusat lewat Bulog, yang didistribusian melalui PT Pos Indonesia.

“Manfaatkan dengan baik bantuan tersebut. Ingat, di rumah saja,” pinta Mashuri.

Sementara itu, Kapolres Merangin AKBP Irwan Andy Purnamawan juga minta masyarakat yang menerima bantuan, agar dapat memanfaatkan bantuan beras itu sebaik mungkin untuk kebutuhan sehari-hari di rumah.

“Jangan sampai ada masyarakat yang menjual bantuan beras ini kepada pihak lain. Prokes pencegahan Covid-19 tolong diperketat lagi, mengingat sampai hari ini jumlah masyarakat yang terpapar Covid-19 di Merangin sudah tembus ke angka 1.000 orang,” terang Kapolres.

Sama halnya dengan di Merangin, di Kabupaten Bungo juga tengah dilakukan penyaluran bantuan beras. Ada 10.627 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang akan menerima bantuan tersebut, masing-masing 10 Kg beras medium.

Kepala Bulog Sub Divre Wilayah II Bungo Tebo, Rinaldi Pratama saat di temui diruang kerjanya mengatakan, 10.627 penerima terdiri atas KPM dari penerima BST sebanyak 4.006 KPM, sedang untuk penerima KPM dari PKH sebanyak 6.621 KPM.

“Jadi yang menerima hanya yang termasuk dalam anggota KPM, PKH dan anggota KPM penerima BST. Jadi total seluruhnya sebesar 10.627 KPM dikalikan dengan 10 Kg beras, sebanyak 106 ton 270 Kg," Rinaldi.

Untuk di Kabupaten Bungo sendiri, kecamatan yang mendapat bantuan PPKM darurat tahun 2021 ini dan data yang didapatkan oleh kementerian Kemensos RI itu sebanyak 17 kecamatan.

“Kami Perum Bulog menghimbau, kepada masyarakat untuk tetap mentaati Prokes. Dimana kita akan menyalurkan beras-beras tepat sasaran, karena sudah ada data by name by adrress. Saya yakinkan, pihak-pihak penerima KPM, BST, dan KPM PKH akan menerima di tempat titik distribusi yang telah kita siapkan,  bersama pendamping BST dan pihak PT. Pos diharapkan bersabar. (min/mai/enn) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: