Kelurahan Hanya Fasilitasi Data

Kelurahan Hanya Fasilitasi Data

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, JAMBI - Untuk memudahkan akses dalam mendapatkan data di ruang lingkup Kelurahan Ekajaya, saat ini pihak kelurahan tengah mempersiapkan data dan memfasilitasi data tersebut kepada Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Jambi.

Luraj Ekajaya, Abdul Salim mengatakan, data tersebut untuk mengikuti program BPS, yakni Kelurahan Cantik. Di Kota Jambi, Ekajaya menjadi wakilnya.

"Untuk saat ini kita tengah mempersiapkan data-data yang diperlukan, untuk mengikuti program tersebut," ujar Lurah Ekajaya, Abdul Salim.

Dirinya mengatakan, pihaknya hanya memfasilitasi saja dan tidak mempersiapkan apapun terkait program ini. Pihaknya hanya memberikan data-data yang diperlukan oleh BPS, untuk melengkapi persyaratan mengikuti atau menjadikan Kelurahan Cantik.

"Kita persiapkan data, nanti akan dibuat statistik, terkait jumlah penduduk dan akan dibuat website," sebutnya.

Abdul mengatakan, pihaknya setiap minggu menerima kunjungan dari BPS untuk mengambil data yang diperlukan.

"Sejauh ini yang sudah didata untuk keperluan BPS, kemarin mereka datang mengambil profil kelurahan, seperti yang terlihat pada contoh di website Kemendagri. Jadi data itu diberikan, dan melingkupi semuanya," jelasnya.

Dengan pendataan dan penginputan data yang nantinya akan dibuatkan website ini, menurut dia dapat memudahkan masyarakat untuk mengetahui ada berapa total jumlah masyarakat di Kelurahan Ekajaya.

Dan juga ada berapa pekerjaan atau banyaknya pekerjaan yang ada di Kelurahan tersebut.

"Outputnya, paling tidak ketika orang butuh apa saja tentang Ekajaya, mereka akan melihat data yang sudah tergambar, dan akan dibuatkan website bagaimana kelurahan ini," jelasnya.

Secara transparan, kata dia masyarakat dapat melihat bagaimana titik pembangunan, dikeluarkan jam berapa saja bantuan yang dapat digugurkan dan diterima.

"Ini kan baru berjalan dan belum dilaunching. Akan dilakukan dalam beberapa waktu ke depan. Karena pandemi, maka diatur betul. Jadi sekarang baru tahap persiapan awal," tandasnya. (tav/enn)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: