Tentang Mereka yang Terabaikan, Pergulatan Para Pemenang.

Tentang Mereka yang Terabaikan, Pergulatan Para Pemenang.

Oleh : Dr. Noviardi Ferzi

Persaingan hebat tidak harus dibangun di atas kebencian. Mereka dibangun di atas rasa hormat, di atas rasa hormat terhadap keunggulan.

Mike Krzyzewski

Prolog -  Fenomena biasa pasca perhelatan politik baik pilkada hingga suksesi organisasi, tim sukses terjangkit syndrom merasa ditinggalkan, terabaikan, terlupakan atau juga tersisihkan. Setelah kemenangan, tim seolah mengecil terkotak untuk sebuah kepentingan yang tak lagi sama dan seirama.

Tentu saja tulisan ini tidak merujuk pada satu kasus tentang dinamika suatu tim sukses pilkada, baik itu tempat apalagi spesifik tim sukses tertentu. Opini ini dirangkum dari banyak kejadian secara umum terjadi pasca kemenangan pilkada. Kalaupun ada kesamaan kisah hanya suatu kebetulan belaka.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) istilah tim sukses pun tidak ditemukan. Tim Penyukses dianggap lebih tepat karena tim ini berfungsi untuk menyukseskan orang yang belum sukses. Jadi lebih bermakna pada proses, bukan hasil. Sedangkan tim sukses lebih berkonotasi tim yang telah berhasil menyukseskan seorang kandidat. Tulisan ini membahas tentang tim sukses itu.

Perasaaan diabaikan menjadi narasi umum yang kerap terjadi pasca kemenangan. Keluhan tidak dapat bertemu lagi dengan sang calon, setelah mereka bantu habis – habisan. Harapan untuk tetap berada di lingkaran utama serta banyak menerima manfaat setelah kemenangan di raih lambat laun berganti dengan keluhan dan kekecewaan.

Tak luput dari ingatan adalah mereka yang merasa diri ditinggalkan. Mereka merasa jauh sehabis berjuang bersama dalam politik. Ada semacam tindakan eskapis sebab merasa tak dapat apa-apa dari hasil perjuangan politik. Dipikirannya, hanya terlintas pepatah: habis manis sepah dibuang.

Faktanya, setelah pemenangan di raih maka para tim sukses sama sekali tidak mempunyai Power lagi, bahkan untuk bertemu dengan orang yang telah dimenangkannya adalah sesuatu yang sangat sulit, bahkan menjadi hal yang mustahil. Padahal setelah pemenangan, yaitu para Tim Sukses seharusnya menjadi kelompok penekan yang dapat dengan segera menghantarkan seribu satu persoalan. Hal ini karena para tim sukses yang “berperang” dilapangan tidak memiliki mekanisme komunikasi langsung setelah kemenangan calon yang mereka bela. 

Meski sebenarnya banyak persoalan - persoalan rakyat yang lebih penting untuk terus dimenangkan daripada kemenangan yang telah diraih. Bahwa tim sukses juga rakyat yang mempunyai mandat sosial, tanggung jawab moral untuk men segera kan perbaikan – perbaikan bagi lapangan ekonomi, lapangan sosial dan lapangan politik.

Pasca perjuangan politik, mesti komunikasi tetap ada. Menang politik tak berarti perjuangan politik itu selesai. Justru, menang politik pertanda perjuangan berat siap menanti di depan mata. Mempertahankan kemenangan itu tidak mudah. Menang berarti realisasi atas semua ide dan pikiran yang telah mendapat persetujuan rakyat. Karenanya, barisan politik mesti tetap utuh, tak usah merasa ditinggalkan. Komunikasi mesti ditinggkatkan karena tanggung jawab politik pasca kemenangan itu berat.

Hanya saja cita - cita ini sulit terwujud karena mekanisme komunikasi melemah setelah menang menjadi titik lemah yang menjadi akar keluhan para tim sukses. Idealnya tim sukses yang berperang dilapangan mampu mengikat para calon yang akan dimenangkan nya untuk dapat terus berkomunikasi dengan mereka, karena mereka juga sebenarnya terhutang janji pada masyarakat. Bukan sekedar kelompok yang mengantar sang pemimpin kelingkaran baru bernama birokrasi dan elut baru hasil seleksi alam dari tim sukses yang bergerak sebelumnya.

Sejatinya, dalam politik, tidak ada yang ditinggalkan, Mereka yang pernah menjadi bagian dari perjuangan politik akan selalu ada dalam ingatan politik. Seorang pemimpin politik menaruh mereka dalam pikiran dan hati. Setiap kisah perjuangan bersama selalu jadi asupan etis untuk saling mengikat. Kisah politik adalah kisah persaudaraan yang terikat dalam ingatan politis, hanya saja karena kepentingan yang berbeda perasaan ditinggalkan itu mengemuka.

Dalam keyakinan tak ada lupa ini, lalu disangkutkan dengan satire politik Pilkada: “kalau jadi, lupa”. Sesuatu yang pasti terjadi, meski secara parsial tak menyeluruh pada semua tim. Pemimpin selalu punya indera etis untuk melihat mana kawan, mana lawan (mana sengkuni). Justru yang bisanya ada adalah politisasi kata “ditinggalkan”, biar bisa menggiring emosi dan persepsi politik publik. Mengutip filsuf Criss Jami, “friends ask you questions; enemies question you”. Akar soalnya cuma satu, miskomunikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: