Honor Petugas Pemakaman Turun Drastis

Honor Petugas Pemakaman Turun Drastis

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, SENGETI - Dinas Kesehatan Kabupaten Muaro Jambi mencatat Sepanjang tahun 2021, sebanyak 87 orang meninggal dunia akibat Covid-19. Dari 87 orang yang meninggal itu, ada yang terkonfirmasi positif Covid-19 dan juga termasuk kasus suspek. Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muarojambi, Afifudin, Senin (2/8). "Yang meninggal itu kebanyakan usia 60 tahun, jenazah itu dimakamkan secara prokes Covid-19," katanya.

Ia mengatakan, diantara warga yang banyak meninggal akibat Covid-19, tersebar 11 Kecamatan di Muarojambi. "Yang paling banyak meninggal akibat Covid-19 itu di Kecamatan Sungai Bahar dan disusul Kecamatan Kumpe Ulu," sebutnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat Muarojambi, untuk menaati prokes kesehatan secara ketat, dan ia menyarankan lansia untuk dilakukan vaksinasi di Puskesmas terdekat. Sejak Juli 2021 ini, biaya penguburan terjadi penurunan dari sebelumnya Rp 2,5 juta menjadi Rp 500 ribu.

"Untuk yang meninggal dari Januari hingga April sudah kita bayarkan. Masing-masing tenaga pengubur jenazah Covid-19 mendapat pesangon sebesar Rp 2,5 juta. Tercatat yang meninggal selama rentan waktu itu sebanyak 20 orang. Kemudian dari Mei Hingga Juni, pesangonnya turun menjadi Rp 1 juta dan dari Juli hingga sekarang pesangonnya turun menjadi Rp 500 perorang, dengan jumlah tenaga pengubur sebanyak 12 orang," tandasnya. (jun/ira)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: