Ajang Kreativitas Mahasiswa Pertambangan di Minivers Project

Ajang Kreativitas Mahasiswa Pertambangan di Minivers Project

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Himpunan Mahasiswa Teknik Pertambangan Universitas Jambi mengadakan kegiatan perlombaan Minevers Project 2022.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Prodi Teknik Pertambangan, Wahyudi Zahar, serta dihadiri mahasiswa Tekhnik Pertambangan pada Rabu, 16 Februari 2022 di Lapangan Fakultas Sains dan Teknologi.

Ketua Prodi Pertambangan, Wahyudi Zahar, mengatakan acara kegiatan minivers merupakan acara rutin untuk memperingati hari ulang tahun Prodi Teknik Pertambangan.

"Kita berharap dengan kegiatan minivers ini bisa menjadi ajang rutin Teknik Pertambangan dan jika prodi sudah siap kita akan melaksanakan untuk skala yang lebih besar yaitu skala nasional,” ujar Wahyudi Zahar.

Selain itu, ia juga mengatakan ada beberapa perlombaan pada kegiatan ini seperti perlombaan poster, kontes, paper dan lainnya.

“Ada beberapa rangkaian kegiatan pada acara ini. Seperti mining goes to school, yang dikenalkan ke seluruh sekolah di Indonesia dan ke sekolah yang ada di Provinsi Jambi. Kemudian ada Siginjai Mining Competition yang merupakan perlombaan-perlombaan kreatif seperti lomba kontes, poster, paper, dan lainnya," ujarnya.

Selanjutnya ada kegiatan mining competition, seperti kegiatan turnamen yang diikuti mahasiswa-mahasiswa prodi teknik pertambangan, rock identification yaitu mengidentifikasi batuan, blasting atau peledakan, tie in yang masih merupakan teknik peledakan, panning atau penambangan emas menggunakan wajan, hans stilling atau cara memecahkan batu, hand making atau cara menggali mengunakan sekop dan masih banyak lagi.

Lebih lanjut, ia mengatakan dilaksankannya kegiatan ini bertujuan untuk menambah pengetahuan melalui pengembangan kreativitas para mahasiswa dari seluruh Indonesia dan mencari bibit-bibit unggul untuk nantinya diikut sertakan ke perlombaan berskala nasional.

“Sebelumnya kita pernah meraih piala dan piagam yang kita raih dalam perlombaan nasional, misalnya dari satu kali perlombaan itu kita bahkan bisa mendapatkan 6-7 piala dan pernah mendapat 9 mendali sekaligus dalam satu ajang perlombaan baik itu juara 1,2, dan 3,” tuturnya.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana, Josep Sabar mengatakan kegiatan ini diikuti sebanyak 80 peserta yang berasal dari mahasiswa Jurusan Tekhnik Pertambangan UNJA.(*/tav)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: