Santri Bisa Kuliah ke Luar Negeri

Santri Bisa Kuliah ke Luar Negeri

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, KOTA JAMBI, JAMBI – Untuk memfasilitasi santri, agar dapat melanjutkan pendidikan ke luar negeri, Pondok Pesantren Modern (PPM) Al Kinanah menjalin kerjasama dengan Internasional University of Africa, Senin (27/12).

Sekretaris Yayasan PPM Al Kinanah, Pauzi mengatakan, kerjasama tersebut nantinya diharapkan dapat dimanfaatkan para santri dalam melanjutkan pendidikannya. Khususnya para santri jenjang tingkat akhir, atau yang sudah akan melanjutkan ke perguruan tinggi.

“Kampus yang dipilih ini, adalah salah satu kampus yang dimiliki negara atau organsiasi Islam. Di Indonesia, hanya dua pesantren yang bekerjasama,” ujarnya, Rabu (27/12).

Dirinya mengatakan, nantinya para santri yang berkompeten akan diseleksi terlebih dahulu, untuk dapat melanjutkan pendidikan ke Sudan. Dipilihnya kampus itu untuk bekerja sama, kata dia lantaran adanya kesamaan dengan penekanan pembelajaran pada Al Kinanah.

Sehingga, santri yang dipilih untuk dapat sekolah ke sana, kata dia yang sudah siap. Pihaknya tak ingin jika santri yang terpilih, justru tak siap ketika sudah berada di kampus tersebut.

“Maka memang benar-benar diseleksi. Mulai dari pembacaan Alqurannya, dialek bahasa arab dan sebagainya,” ujar salah satu pendiri Al Kinanah ini.

Pauzi berharap, pada Juli mendatang, pihaknya dapat mengirimkan salah satu santri untuk melanjutkan pendidikan S1 ataupun S2.

“Karena di Juli nanti, sudah memasuki tahun ajaran semester genap. Semoga dengan program kerjasama ini, para santri jadi lebih bersemangat dan terpacu untuk kuliah ke luar negeri, dengan beasiswa yang dibiayai penuh sampai empat tahun untuk tamat,” tandasnya. (tav/enn)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: