Belajar Sejarah Itu Mudah?

Belajar Sejarah Itu Mudah?

Sejarah sebagai ilmu

Example:

Sejarawan bukanlah orang yang memang terdidik untuk menjadi sejarawan, tetapi penulis sejarah dapat dating dari mana saja. Wartawan, guru, polisi, sastrawan, dan pendeta boleh saja menulis sejarah. Kalau dokter atau insinyur harus datang dari orang yang memang dididik dalam ilmunya. Tidak demikian sejarawan.

Sejarah dapat berkembang dengan berbagai cara yaitu: (1). Perkembangan dalam filsafat. Perkembangan dalam filsafat ketika sejarah zaman pertengahan didominasi oleh filsafat sejarah Kristen, maka sejarah yang menonjolkan peran orang orang suci tampak. (2). Perkembangan dalam teori sejarah. Contoh perkembangan dalam teori sejarah ditunjukkan ketika seminar sejarah I di Yogyakarta pada tahun 1957 dicanangkan oleh perlunya nasionalisme dalam penulisan sejarah, menunjukkan peran orang Indonesia. (3). Perkembangan dalam metode sejarah. (4). Perkembangan dalam ilmu ilmu lain.

  • Sejarah sebagai cara mengetahui masa lampau
    Bersama dengan mitos, sejarah adalah cara untuk mengetahui masa lampau. Bangsa

    yang belum mengenal tulisan mengandalkan mitos, dan sudah mengenal tulisan pada umumnya mengandalkan sejarah. Yaitu (1) melestarikan atau (2) menolak.

  • Sejarah sebagai pernyataan pendapat
    Banyak penulis sejarah yang menggunakan ilmunya untuk menyartakan pendapat,

    contoh dalam penulisan sejarah Amerika, meskipun di tempat lain penggunaan sejarah

    untuk menyatakan pendapat selalu terjadi. (1) consensus dan (2) konflik.

  • 2. Guna ekstrinsik

    Sejrah dapat digunakan sebagai liberal education untuk mempersiapkan mahasiswa, supaya mereka siap secara filosofis, tidak saja untuk belajar di program sejarah. Di Indonesia, sejarah selain di ajarkan dari SD, SMP, SMA, dan PT, di ajarkan lewat penataran

    p4. Selanjutnya sejarah mempunyai fungsi pendidikan, yaitu sebagai (1) moral (2) penalaran (3) politik (4) perubahan (5) masa depan (6) keindahan (7) kebijakan (8) ilmu bantu.

    MANFAAT BELAJAR SEJARAH
    Quotes: tahu kenapa sukarno bisa melakukan revolusi?

    Karena dia berani dan karena dia banyak baca buku jadi dia cerdas. Satu lagi: dan dia suka belajar sejarah.

    Ingat kata katanya: “jangan sekali kali melupakan sejarah”. Maka pelajarilah sejarah kecuali anda tidak punya mimpi yang besar.

    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    Sumber: