Belajar Sejarah Itu Mudah?

Belajar Sejarah Itu Mudah?

Oleh : Randy Maulanda

Jurusan Pendidikan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang

Abstrak

Sejarah sudah digambarkan oleh sebagian mahasiswa sebagai suatu hal yang membosankan, buang buang waktu karena mempelajari hal yang telah terjadi ditambah dengan kebanyakan guru yang kurang dalam penguasaan materi dan terlalu relevan dengan ceramah dan membuat hal yang membosankan. Sejarah adalah gambaran tentang peristiwa masa lampau yang dialami oleh manusia, disusun secara ilmiah, meliputi waktu, diberi tafsiran dan analisa kritis sehingga mudah di mengerti dan di pahami. Ilmu sejarah berusaha mengungkap masa lampau manusia berdasarkan sumber sumber sejarah dan dibantu dengan ilmu bantu sejarah serta ilmu sosial.

Abstract

History has been described by some students as boring, a waste of time to learn what has happened plus most teachers who lack mastery of the material and are too relevant to lectures and make things boring. History is a description of past events experienced by humans, compiled scientifically, covering time, given critical interpretation and analysis so that it is easy to understand and understand. The science of history seeks to uncover the human past based on historical sources and assisted by historical aids and social sciences.

SEJARAH

PEMBAHASAN

Sejarah merupakan cabang ilmu pengetahuan yang berkembang dan dengan metode metode serta standar standar nya tersendiri. Mempelajari sejarah merupakan suatu jenis berfikir tertentu yang disebut pemikiran histories bertujuan untuk membangun suatu konsentrasi yang cerdas dari masa lampau yang diambil kegunaannya. Semua peristiwa peristiwa masa lampau yang menjadi inti cerita sejarah itu sungguh sungguh terjadi dan dapat dibuktikan kebenarannya. Peristiwa peristiwa masa lampau menunjukkan proses perjuangan manusia untuk mencapai peri kehidupan kemanusiaan yang lebih sempurna dan sebagai ilmu yang berusaha mewariskan pengetahuan tenatang masa lalu sejarah dituntut untuk bisa bermakna bagi kehidupan manusia.

Sejarah adalah gambaran tentang peristiwa masa lampau yang dialami oleh manusia, disusun secara ilmiah, meliputi waktu, diberi tafsiran dan analisa kritis sehingga mudah di mengerti dan di pahami. Ilmu sejarah berusaha mengungkap masa lampau manusia berdasarkan sumber sumber sejarah dan dibantu dengan ilmu bantu sejarah serta ilmu sosial. Untuk itu diharapkan fakta atau data masa lampau itu adalah kebenaran. (Mulyono, tjokrodikaryo, 1986:29).

GUNA SEJARAH

Mempelajari sejarah terlebih dahulu diawali dengan upaya mengenalkan apa itu sejarah? Sejarah dapat dipahami sebagai peristiwa atau realitas karena peristiwa sejarah atau kejadian sejarah itu benar benar ada dan terjadi pada masa lampau. Sejarah dapat juga dipahami sebagai kisah sejarah. Sartono kartodirjo (1974) membagi sejarah menjadi 2 yaitu; 1). Sejarah dalam arti objektif merupakan kejadian atau peristiwa sejarah tidak dapat terulang kembali. 2). Sejarah dalam arti subjektif adalah suatu rekonstruksi (bangunan) yang disusun oleh penulis sebagai suatu uraian cerita (kisah). Kisah tersebut merupakan suatu kesatuan rangkaian dari fakta yang saling berkaitan. Karena tidak semua peristiwa yang terjadi pada masa lampau digolongkan sebagai suatu peristiwa

sejarah. Belajar dari masa lalu, untuk kemudian untuk mengenali situasi saat ini dan meneropong masa depan.

1. Guna instrinsik

  1. Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

    Sumber: