SMP Adhyaksa Optimalkan Digitalisasi di Sekolah

SMP Adhyaksa Optimalkan Digitalisasi di Sekolah

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Pandemi Covid-19 tak membuat kegiatan dalam rangka penguatan karakter siswa terhenti. Situasi pandemi Covid-19 membuat pihak sekolah terus berpikir kreatif dalam optimalisasi penggunaan media.

Seperti di SMP Adhyaksa Kota Jambi, saat momen Isra’ Mikraj pada Selasa (22/2) kemarin, memperingati dengan memanfaatkan digitalisasi.

Kepala SMP Adhyaksa Kota Jambi, Imelda mengatakan bahwa, pihaknya mengadakan berbagai lomba untuk mengasah kemampuan dan membentuk karakter siswa.

Imelda mengatakan, untuk memperkuat digitalisasi di kalangan peserta didik, media yang digunakan pun secara online. Seperti perlombaan Lomba Cerdas Cermat (LCC) dengan memanfaatkan situs kuis online. Lomba tersebut diikuti oleh siswa kelas 7,8, dan 9.

Baca Juga: Klir, Buntut Penolakan TPS RKE di Kumundebai, Wali Kota Sungaipenuh Temui Tokoh Masyarakat

Mulanya, diikuti di tingkat kelas, oleh seluruh siswa. Kemudian akan dilakukan babak penyisihan, dan yang menjadi pemenang akan mengikuti final dan diadu dengan pemenang dari kelas lain.

“Setelah ada pemenang di tiap kelasnya, kita lakukan final dan pemenangnya dari siswa kelas9,” katanya.

Imelda mengatakan, soal menang dan kalah bukan masalah. Yang terpenting, siswa sudah mau mencoba dan bisa menambah pengalaman dan juga keberanian siswa.

“Kegiatan ini untuk memberikan rasa percaya diri kepada siswa kelas 7,8, juga kelas 9. Untuk siswa yang belum menang, tidak masalah, bisa menjadi tahu salahnya di mana, dan memperkenalkan rasa berkompetisi,” ujarnya.

Baca Juga: Duh, Kasus Covid-19 di Bungo Meningkat, Dinkes Minta Warga Waspada

Sementara itu, perlombaan lainnya yang digelar dalam rangka memepringati Isra Mikraj ialah lomba kultum dan lomba hafalan surat pendek. Kedua lomba itu dilakukan tatap muka. Mengingat, saat ini memang siswa SMP masih melakukan PTM terbatas.

Dirinya mengatakan, bahwa pihaknya siap mendukung siswa dalam mengasah kemampuannya. Saat ini pun, sekolah tersebut tengah melakukan pelatihan Sekolah Penggerak. Dan di tahun ajaran mendatang, akan melaksanakan kurikulum merdeka.(tav/zen)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: