HUT Jambi ke-65, Ini Sejarah Deklarasi Terbentuknya Provinsi Jambi

Kamis 06-01-2022,11:09 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Kota Jambi, Jambi - Di Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jambi ke-65, kembali mengingat berdirinya Provinsi Jambi hingga saat ini.

Peristiwa berdirinya Jambi disampaikan secara singkat pada saat rapat paripurna DPRD Provinsi Jambi hari jadi ke-65 Provinsi Jambi tahun 2022, oleh Wakil Ketua DPRD, Burhanuddin.

Baca Juga: Jaksa Agung dan Kemenhub RI Hadiri Paripurna HUT Jambi ke-65

Kata dia, saat itu ada beberapa tuntutan keresidenan Jambi menjadi daerah Tingkat I Provinsi. Pernyataan untuk menjadi Provinsi diajukan pada 10 April 1954 yang diserahkan langsung Kepada Bung Hatta Wakil Presiden di Bangko, yang ketika itu berkunjung kesana.

Keinginan tersebut diwujudkan kembali dalam kongres pemuda se-Daerah Jambi 30 dengan mengutus tiga orang delegasi yaitu Rd. Abdullah, AT Hanafiah dan H Said.

Berbagai kebulatan tekad setelah itu bermunculan baik oleh gabungan parpol, Dewan Pemerintahan Marga, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Merangin, Batanghari.

Puncaknya pada kongres rakyat Jambi 14-18 Juni 1955 di gedung bioskop Murni terbentuklah wadah perjuangan Rakyat Jambi bernama Badan Kongres Rakyat Djambi (BKRD) untuk mengupayakan dan memperjuangkan Jambi menjadi Daerah Otonomi Tingkat I Provinsi Jambi.

Pada kongres pemuda se-daerah Jambi 5Januari 1957 mendesak BKRD menyatakan keresidenan Jambi menjadi provinsi. Sidang pleno dilakukan 6 Januari 1957 pukul 02.00.

"Saat itu lah terbentuknya Provinsi Jambi setelah dideklarasikan," kata dia. (slt)

Tags :
Kategori :

Terkait