Tiap Tahun Banyak Pensiun, Provinsi Jambi Krisis Guru

Sabtu 08-01-2022,09:03 WIB

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID, Jambi - Setiap tahun, banyak guru di Provinsi Jambi yang pensiun. Ini membuat kebutuhan guru makin bertambah. 

Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jambi Pahari mengatakan, di tahun 2021 lalu, ada sebanyak 361 Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov Jambi yang pensiun. 

“Terbanyak guru yang yang pensiun, dari tahun ke tahun juga pasti guru yang banyak pensiun,  jadi setiap tahun krisis guru,” kata dia, Jumat (7/1). 

Pahari berharap, untuk mencukupi guru di Provinsi Jambi, Pemda harus membiayai untuk gaji guru, namun terkadang kemampuan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) juga belum mencukupi. 

Dan ini tak bisa langsung dipenuhi, karena setiap buka Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dana Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) juga tak terlalu banyak kuota yang diterima. 

Tahun 2022 saja, hanya 150 orang yang diusulkan dari Pemprov Jambi ke Menpan RB untuk PPPK di Provinsi Jambi. “Ini yang menjadi kendala kita juga, disamping keterbatasan anggaran,” tambahnya. (slt/rib)

Tags :
Kategori :

Terkait