Selalu Mengantuk Saat Berkendara? Begini Caranya

Senin 28-10-2024,05:20 WIB
Reporter : Puji
Editor : Puji

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Saat berkendara merasakan kantuk sama saja bahayanya seperti berada di bawah pengaruh minuman beralkohol. Efek dari ngantuk berkendara dapat menyebabkan ketidakfokusan dan mengakibatkan kecelakaan berkendara. 

Seperti kasus-kasus yang cukup ekstrem, bahaya rasa kantuk saat berkendara mobil atau motor dapat menyebabkan kecelakaan yang berujung cedera bahkan kematian. Akan dari itu perlu dihindari rasa ngantuk saat berkendara agar terhindar dari kecelakaan atau korban jiwa. Berikut ini ialah beberapa cara untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara: 

1. Tidur yang cukup saat sebelum berkendara merupakan cara awal untuk menghindari rasa kantuk saat berkendara. Cara ini dengan memposisikan istrahat dengan durasi 2 jam.

2. Menepi dan istirahat sejenak bisa menjadi langkah kedua bagi pengendara yang memiliki tujuan jauh. jika sudah mulai merasa lelah kecapean dan ada rasa mengantuk, segera menepikan kendaraan ke tempat aman dan beristirahat sejenak.

BACA JUGA:Bahaya Memakai Headset Terlalu Lama Untuk Telinga

BACA JUGA:Lucid Dream Apakah Nyata? Ini Penjelasannya

Istirahat dengan durasi 15-20 menit bisa membantu menyegarkan tubuh dan mengembalikan fokus untuk berkendara kembali. 

3. Melakukan Peregangan bisa membantu menghilangkan rasa kantuk. Meregangkan kaki dan sendi yang sudah lama menekuk bisa menghilangkan rasa ngantuk. Cara ini bisa dilakukan dengan meregangkan tangan atau kaki dengan gerakan.

4. Meminum Kopi bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah ras kantuk saat berkendara. Meminum kopi yang mengandung kafein akan membantu merangsang saraf pusat dan menghasilkan rasa kantuk hilang.

5. Mendengarkan musik bisa menjadi teman di perjalanan sendiri. Mendengarkan musik dapat membuat semangat dan menghindari kebosanan yang menyebabkan ngantuk saat berkendara.

BACA JUGA:Ramadhipa Melaju Kencang Raih Juara di Race 1 IATC Buriram 2024

BACA JUGA:Kebakaran Studio JEKTV, Pj Wali Kota Jambi Sampaikan Duka Mendalam

6. Olahraga sebelum memulai berkendara bisa menjadi cara untuk memulai berkendara. Melakukan gerakan untuk membuka otot otot tubuh, sehingga badan tidak mudah kantuk saat berkendara.

Itulah cara agar tidak ngantuk saat berkendara.

Kategori :