Tumpah Ruah Di Tugu Keris Siginjai, Carnaval Angso Duo Sedot Ribuan Pengunjug

Minggu 20-10-2024,16:12 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

"Semoga kolaborasi dan sinergi semua pihak dapat mengokohkan eksistensi acara carnaval ini, sehingga bisa dikenal diwilayah Indonesia dan dunia menjadi salah satu event wisata provinsi Jambi yang dapat mendatangkan investor, menggerakkan roda perekonomian dan dapat berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan secara berkelanjutan, dan semoga penyelenggaraannya ini bisa terus ditingkatkan dan eksis, mengingat pesan penting yang dibawa dalam kegiatan ini,” tukasnya.

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Hari: Hikmah dan Manfaat Spiritual 

Sementara itu, dalam sambutannya, Pj Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih mengucapkan selamat kepada para  peserta Carnaval yang telah berparade dan beratraksi memberikan tampilan terbaiknya.

"Carnaval Angso Duo ini adalah salah satu momen yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat kita, tidak hanya sebagai ajang hiburan semata, tetapi juga menjadi perayaan budaya, tradisi, dan keaneka ragaman seni yang ada di daerah, serta menggerakkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Jambi," ujarnya. 

Sri mengatakan, Carnaval Angso Duo dengan parade yang mengagumkan itu juga menjadi wadah semangat gotong royong, persatuan, dan toleransi, serta memberikan ruang bagi para pelaku ekonomi kreatif Kota Jambi.

"Carnaval Angso Duo ini adalah salah satu event tahunan sebagai pelestarian kearifan lokal, maka kegiatan ini juga merupakan stimulan kepada para komunitas dan pelaku ekonomi kreatif khususnya subsektor design, fashion, seni pertunjukan, seni rupa dan kriya untuk mengkonservasi dan melestarikan seni, budaya masyarakat kota Jambi untuk menampilkan karyanya agar dapat  dinikmati bersama," jelasnya. 

BACA JUGA:The Shadow Strays: Karya Timo Tjahjanto yang Penuh Aksi dan Ketegangan Emosional

Lebih lanjut, Pj Wali Kota Jambi itu juga memberikan apresiasi kepada semua peserta Carnaval dan masyarakat Kota Jambi yang ikut berpartisipasi aktif pada kegiatan tersebut. 

"Dengan Carnaval Angso Duo, mari kita lestarikan seni dan menjaga marwah budaya kota Jambi," ucap Sri. 

"Kepada para pemenang Carnaval saya juga ucapkan selamat, tetaplah berkarya untuk peningkatan wisata dan ekonomi kreatif kota Jambi. Dan yang belum juara tetaplah sebagai pelopor dalam pelestarian seni dan budaya di Kota Jambi," pungkas Pj Wali Kota Jambi itu. 

Sebelumnya, dalam laporan pelaksanaan, Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Kota Jambi, Maryani Yanti mengatakan, event tahunan tersebut merupakan wadah para pelaku ekonomi kreatif yang ada di Kota Jambi.

BACA JUGA:Lobotomi: Sejarah, Prosedur, dan Dampak Psikologis Berdasarkan Penelitian

"Carnaval ini juga untuk memberi wadah tempat mereka berkarya dan juga berkreativitas membuat pakaian dari barang-barang bekas dan lainnya," katanya.

Dirinya juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan penuh berbagai pihak atas terlaksananya event rutin Pemkot Jambi ini.

"Ini merupakan penyelenggaraan yang keempat Carnaval Angso Duo, dan sempat terhenti ketika Covid-19 melanda. Terimakasih kepada semua pihak Saya ucapkan, mulai dari Perangkat Daerah dan unsur Forkopimda, serta tentunya seluruh peserta parade yang telah ikut berpartisipasi untuk terselenggaranya acara ini," tambahnya. 

"Adapun untuk peserta ditahun ini hampir sekitar 1000 orang terbagi sebanyak 46 group, dengan 4 kategori yang dilombakan, yakni kategori SMP/Sederajat, kategori SMA/Sederajat, kategori kecamatan dan kategori Umum," singkatnya. 

BACA JUGA:Kepribadian Orang yang Sering Memilih Mode Silent pada HP Menurut Psikologi

Acara Carnaval Angso Duo Tahun 2024 itu ditutup dengan pengumuman dan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba.

Kategori :