Pjs Gubernur Jambi Dorong Kolaborasi Berkelanjutan untuk Wujudkan Provinsi Jambi Maju

Sabtu 19-10-2024,14:36 WIB
Reporter : Edo Adri
Editor : Edo Adri

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Jambi, Dr. H. Sudirman, SH, MH, menekankan pentingnya kerja sama dan kebersamaan dalam memajukan Provinsi Jambi. Hal ini ia sampaikan saat menghadiri Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi dalam rangka Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Provinsi Jambi Masa Jabatan 2024-2029, yang berlangsung di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Jambi, pada Sabtu 19 Oktober 2024.

Pjs. Gubernur Sudirman menjelaskan bahwa dalam upaya membangun daerah, Provinsi Jambi memerlukan sinergi, kebersamaan, dan kolaborasi yang erat antara seluruh pemangku kepentingan. Hal ini termasuk sinergi yang baik antara pihak Legislatif (DPRD Provinsi Jambi) dan Eksekutif (Pemerintah Provinsi Jambi). “Saya percaya selama ini sinergi antara Pemerintah Provinsi Jambi dan DPRD Provinsi Jambi sudah terjalin dengan baik, dan ini harus terus dipertahankan, bahkan ditingkatkan. Kesinambungan sinergi dan kebersamaan ini penting untuk kemajuan berkelanjutan Provinsi Jambi,” ujar Pjs. Gubernur Sudirman.

Pjs. Gubernur Sudirman juga menyampaikan ucapan selamat kepada para pimpinan DPRD Provinsi Jambi periode 2024-2029 yang hari ini telah mengucapkan Sumpah/Janji. “Saya berharap para pimpinan dewan yang baru dilantik dapat menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab serta melaksanakan tugas dan fungsi sesuai aturan yang berlaku,” katanya.

Lebih lanjut, Pjs. Gubernur Sudirman menjelaskan bahwa sesuai Pasal 96 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, DPRD memiliki tiga fungsi utama, yaitu:

1. Fungsi Pembentukan Peraturan Daerah (Perda);

2. Fungsi Penyusunan Anggaran; dan

3. Fungsi Pengawasan. “Saya yakin bahwa Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Jambi sudah sangat memahami ketiga fungsi ini, sehingga dapat dilaksanakan secara optimal dan berkontribusi dalam menciptakan checks and balances dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Ini penting untuk memastikan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan daerah di setiap periode kepemimpinan kepala daerah,” terangnya.

BACA JUGA:Membangun Kota Jambi yang Ramah Lansia: Inisiatif Baru dari Maulana-DizaMembangun Kota Jambi yang Ramah Lansia

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Surat Yasin Setiap Hari: Hikmah dan Manfaat Spiritual

Pjs. Gubernur Sudirman juga memberikan apresiasi kepada para pimpinan DPRD yang baru dilantik, seraya menyampaikan harapan agar mereka mampu mencapai target-target yang telah ditetapkan. “Saya berharap semua target dan tujuan yang sudah direncanakan dapat tercapai sesuai dengan prosedur dan mekanisme kerja yang berlaku di Dewan. Besar harapan saya agar pimpinan DPRD dapat merangkul seluruh anggota Dewan untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat Provinsi Jambi, demi mewujudkan kemajuan, kesejahteraan, dan kemakmuran bagi Jambi di masa mendatang,” tutupnya.

Kategori :