Bersama PetroChina, Pegiat Literasi Kembali Gelar Kelas Diskusi, Tentang Merencanakan Bisnis/Usaha Agar Eksis

Sabtu 05-10-2024,03:00 WIB
Reporter : Harpandi
Editor : Edo Adri

MUARASABAK, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Sejak hadirnya Cafe Literasi yang digagas oleh SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, yang berlokasi di Simpang IV Blok D, Kelurahan Pandan Jaya, Kecamatan Geragai, Kabupaten Tanjab Timur, sampai saat ini terus menunjukkan eksistensinya.

Selain menjadi wadah berkumpulnya para kaula muda dalam merumuskan berbagai gagasan dan ide kreatif yang positif, di lokasi Cafe Literasi yang berdampingan dengan Perpustakaan Cendekia Geragai ini juga kerap digelar bincang budaya dan diskusi terkait pengembangan UMKM, yang tujuannya untuk meningkatkan kemahiran serta keyakinan masyarakat dalam dunia usaha.

Pada hari Sabtu 05 Oktober 2024, di Cafe Literasi ini kembali digelar kegiatan Kelas Business Model Canvas, dengan Tema "Merencanakan Usaha/Bisnis Agar Terus Eksis".

Hadir dalam kegiatan ini, Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, Ahmad Ramadlan, Lurah Pandan Jaya, Sanuddin, Forum Pegiat Literasi Jambi, Fajrin Nurpasca, Pendamping Wahana Tata Prima sekaligus Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) yang merupakan mitra SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd, Ade Jermawinsyah Zebua, serta puluhan peserta pelatihan.

BACA JUGA:Diskusi di Cafe Literasi, PetroChina dan Para Narasumber Paparkan Ilmu Tentang Merencanakan Bisnis/Usaha Agar

BACA JUGA:PLN Sukses Gelar PLN Electric Run 2024, Ajak Masyarakat Kurangi Emisi Karbon

Comdev Supervisor PetroChina International Jabung Ltd, Ahmad Ramadlan, dalam keterangannya terkait kegiatan ini menyampaikan, melalui program Pengembangan Masyarakat, pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd selalu menanamkan kemandirian dan jiwa kewirausahaan kepada masyarakat.

"Sebab, dengan adanya jiwa kewirausahaan, maka pribadi seseorang itu akan mempunyai pola pikir atau mindset untuk berjuang menciptakan pekerjaan," ucapnya.

Selain itu, masih dalam program Pengembangan Masyarakat itu, pihak SKK Migas-PetroChina International Jabung Ltd juga selaku bekerjasama dengan dinas terkait di lingkup Pemkab Tanjab Timur dan juga stakeholder lainnya.

"Penyaluran bantuan program Pengembangan Masyarakat yang kita berikan, itu dalam bentuk in-kind, bukan dalam bentuk tunai," ujarnya.

BACA JUGA:PetroChina Bersama Dinkes Tanjab Timur Gelar Kegiatan Food Hygiene Program 2024 Terhadap Pelaku Usaha Kuliner

BACA JUGA:Hasil Mengejutkan: AC Milan Kandas 1-2 Melawan Fiorentina, Penalti Gagal Jadi Kunci!

Sementara itu, Lurah Pandan Jaya, Sanuddin, dalam wawancaranya mengatakan, kegiatan ini sangat erat kaitannya dengan pelaku UMKM.

"Bidang UMKM ini sangat besar manfaatnya untuk masyarakat kami. Oleh karena itu, dengan adanya kegiatan yang selenggarakan oleh pihak SKK Migas-PetroChina ini, bisa menjadi bekal ilmu dan meningkatkan lagi pengolahan ushanya, pemanfaatan modal dan juga pemasarannya, yang juga dibahas dalam kegiatan kali ini," ungkapnya.

Dirinya juga berharap, dengan ada Cafe Literasi yang berlokasi di Kelurahan Pandan Jaya, bisa menjadi peluang usaha dan menampung tenaga kerja, terutama untuk pemuda dan karang taruna.

Kategori :