Rahasia Awet Muda Secara Alami: Gaya Hidup dan Kebiasaan Sehat

Jumat 04-10-2024,10:15 WIB
Reporter : Rilect
Editor : Rilect

BACA JUGA:Jadwal Lengkap Pertandingan Timnas Indonesia: Tim Senior, U-17, dan Putri Siap Beraksi!

BACA JUGA:Timnas Indonesia Pasang Target Mustahil? Erick Thohir Ingin Poin Penuh dari Bahrain dan China, Ini Strateginya

4. Hindari Stres Berlebihan

Stres berkepanjangan dapat merusak kesehatan fisik dan mental, serta mempercepat proses penuaan. Ketika stres, tubuh menghasilkan hormon kortisol yang dapat memicu peradangan dan kerusakan sel.

Cobalah teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, atau latihan pernapasan untuk mengelola stres. Melakukan hobi yang disukai atau berkumpul dengan keluarga dan teman-teman juga dapat membantu menjaga keseimbangan emosi.

5. Lindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Sinar ultraviolet (UV) dari matahari adalah salah satu penyebab utama penuaan kulit. Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan munculnya garis halus, keriput, serta bintik-bintik hitam pada kulit.

Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 setiap kali beraktivitas di luar ruangan untuk melindungi kulit dari kerusakan. Selain itu, memakai topi atau pakaian yang melindungi kulit dari sinar matahari juga merupakan langkah bijak.

BACA JUGA:Kekalahan Menyakitkan! Persib Gagal Raih Poin di Liga Champions Asia, Zhejiang Menang 1-0

BACA JUGA:Dorong Eksistensi UMKM di Mata Dunia, Pengusaha-Pengusaha Muda Binaan PLN Unjuk Gigi di INACRAFT On October

6. Minum Air Putih yang Cukup

Hidrasi yang cukup sangat penting untuk menjaga kulit tetap lembap dan elastis. Air membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan menjaga fungsi organ tubuh berjalan dengan baik.

Minumlah minimal 8 gelas air setiap hari untuk menjaga kulit tetap segar dan mencegah dehidrasi yang dapat mempercepat penuaan kulit.

7. Berhenti Merokok dan Batasi Alkohol

Merokok dan konsumsi alkohol berlebihan dapat mempercepat penuaan. Rokok mengurangi aliran darah ke kulit, menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Sementara itu, alkohol dapat menyebabkan dehidrasi dan merusak kolagen, yang berperan penting dalam menjaga kekenyalan kulit.

Kategori :