Ini Identitas Korban Kecelakaan Maut di Pasar Hongkong Kota Jambi, Usai Ditabrak Mitsubishi Pajero Sport

Jumat 20-09-2024,22:43 WIB
Reporter : Risza S Bassar
Editor : Risza S Bassar

6. Gunakan Sabuk Pengaman dan Helm

Hal ini sering kali diabaikan, terutama saat berkendara di jam-jam sepi seperti subuh. Namun, sabuk pengaman dan helm tetap harus digunakan

Kecelakaan bisa terjadi kapan saja, dan alat pengaman ini akan melindungi Anda dari cedera serius jika terjadi tabrakan.

7. Hindari Penggunaan Ponsel

Menggunakan ponsel saat berkendara dapat mengurangi konsentrasi, apalagi di waktu subuh ketika jalanan masih gelap dan kondisi fisik mungkin belum sepenuhnya prima. Jika Anda perlu menggunakan ponsel, berhenti di tempat yang aman terlebih dahulu.

BACA JUGA:SKK Migas – PetroChina Jabung Berperan Penting dalam Penanganan Karhutla Jambi

BACA JUGA:Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan dan Kecantikan

8. Perhatikan Kondisi Jalan

Subuh hari sering kali berarti jalanan belum terlalu jelas terlihat, sehingga Anda perlu lebih waspada terhadap kondisi jalan yang mungkin tidak rata, berlubang, atau basah. Berkendaralah dengan fokus penuh pada jalan, dan hindari rute yang tidak familiar atau memiliki kondisi jalan yang kurang baik.

9. Jaga Konsentrasi

Jaga pikiran tetap fokus selama perjalanan. Jika Anda merasa mulai mengantuk, segera berhenti di tempat yang aman untuk beristirahat sejenak. Beberapa teknik seperti mendengarkan musik atau membuka jendela untuk mendapatkan udara segar juga bisa membantu menjaga konsentrasi.

10. Gunakan Pakaian yang Tepat

Jika Anda mengendarai sepeda motor, pastikan menggunakan pakaian yang cukup tebal atau jaket untuk melawan udara dingin di subuh hari. Selain itu, gunakan perlengkapan keselamatan seperti helm full-face dan sarung tangan untuk perlindungan ekstra.

Berkendara di subuh hari memang bisa lebih nyaman karena jalanan yang sepi, tetapi tantangan seperti jarak pandang yang terbatas dan kondisi tubuh yang belum sepenuhnya segar membuat kewaspadaan ekstra sangat diperlukan.

Dengan menjaga kondisi fisik, memastikan kendaraan dalam kondisi baik, dan tetap waspada, Anda bisa menghindari kecelakaan dan berkendara dengan aman.

Kategori :