Jangan Asal Suka, Cek 6 Hal Ini saat Memilih Pakaian untuk Anak dan Bayi

Selasa 17-09-2024,10:11 WIB
Reporter : Surya Elviza
Editor : Surya Elviza

JAKARTA,JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Saat membeli pakaian untuk bayi dan anak anak, terkadang orang tua membeli hanya karena suka dengan bentuk dan modelnya. Apalagi ketika digunakan untuk anak terlihat lucu dan imut.  

Namun sebenarnya, memilih pakaian untuk bayi dan anak mungkin tampak seperti tugas sederhana. Padahal, ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Selain soal penampilan, kenyamanan dan keamanan produk juga perlu diutamakan. 

Berikut adalah beberapa tips penting dalam memilih pakaian yang tepat untuk buah hati agar mereka merasa nyaman dan bebas bergerak, tapi tetap fashionable. 

1. Prioritaskan bahan yang lembut.

 Bayi dan anak-anak memiliki kulit yang lebih sensitif ketimbang orang dewasa. Oleh karena itu, pilihkan pakaian dengan bahan pakaian yang lembut dan tidak menimbulkan iritasi. Bahan katun adalah pilihan yang ideal karena bersifat lembut, ringan, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Kemudian, hindari bahan sintetis yang bisa membuat kulit anak menjadi iritasi atau menyebabkan alergi. 

BACA JUGA:Waspada Saat Perjalanan Jauh, Cek Panas Berlebih pada Rem Tromol Motor

BACA JUGA:DPRD Kabupaten Bogor Evaluasi Lalu Lintas Puncak, Usai Seorang Wisatawan Meninggal Dunia

2. Perhatikan ukuran dan kesesuaian.

 Pakaian yang terlalu ketat bisa membuat anak tidak nyaman. Sebaliknya, pakaian yang terlalu longgar pun mengganggu aktivitas mereka. Pilihkan pakaian dengan ukuran yang sesuai dengan usia dan ukuran tubuh anak. Paus Fransiskus Tiba di Timor Leste Artikel Kompas.id Sebaiknya, beli pakaian dengan ukuran sedikit lebih besar agar bisa digunakan lebih lama, apalagi pertumbuhan bayi dan anak terbilang cepat. 

3.Hindari detail yang berlebihan.

Beberapa pakaian anak mungkin tampak menarik dengan berbagai hiasan, seperti manik-manik, pita, atau kancing kecil. Namun, detail semacam ini bisa membahayakan bayi yang suka memasukkan segala sesuatu ke mulut mereka. Jadi, pilih pakaian dengan desain sederhana dan minimalis untuk menghindari risiko tersedak atau cedera. 

4. Pilih warna dan desain yang sesuai.

Selain faktor kenyamanan, warna dan desain juga perlu dipertimbangkan. Pilih warna-warna cerah yang bisa menstimulasi perkembangan visual anak. Pastikan pula warna-warna tersebut tidak mudah luntur saat dicuci karena bahan kimia dari pewarna yang luntur bisa berbahaya bagi kulit anak. 

BACA JUGA:Dilaporkan Masyarakat Potensi jadi Lokasi Penimbunan Minyak Ilegal, Gudang di Sungai Saren-Tanjabbar Disidak

BACA JUGA:DPR: Kebijakan Kemasan Rokok Polos Tanpa Merek Berpotensi Merugikan Sektor Tembakau

Kategori :