Cara Menjaga Imunitas di Musim Pancaroba Agar Tetap Sehat

Minggu 15-09-2024,09:47 WIB
Reporter : Rilect
Editor : Rilect

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Saat ini, kita mulai memasuki musim pancaroba, yaitu masa peralihan antara musim hujan dan kemarau, musim ini sering kali membawa perubahan cuaca yang ekstrem.

Suhu bisa berubah secara drastis dalam sehari, sehingga tubuh rentan terserang penyakit seperti flu, batuk, pilek, hingga infeksi saluran pernapasan.

Untuk itu, menjaga sistem imun agar tetap kuat selama musim pancaroba sangat penting. Berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh. 

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi yang tepat adalah kunci utama untuk menjaga sistem imun. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral, seperti jeruk, kiwi, stroberi, brokoli, ikan, telur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan daging merah.

BACA JUGA:Simak Yuk, Ini Sejarah PON di Indonesia, Simbol Perlawanan Moral Demi Persatuan Bangsa

BACA JUGA:Heboh Soal Makanan Atlet PON XXI, PB PON Sumut Tegur Penyedia Konsumsi

Selain itu, pastikan pola makan Anda seimbang, mengandung protein, karbohidrat, lemak sehat, serta serat dari buah dan sayuran.

2. Minum Air yang Cukup

Air membantu tubuh dalam menjalankan berbagai fungsi vital, termasuk mempertahankan daya tahan tubuh. Saat musim pancaroba, tetaplah minum air dalam jumlah cukup, minimal 8 gelas per hari, agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik.

3. Istirahat yang Cukup

Kurang tidur bisa menurunkan kemampuan sistem imun dalam melawan penyakit. Saat Anda tidur, tubuh melakukan proses pemulihan dan perbaikan.

Usahakan tidur selama 7-9 jam setiap malam untuk mendukung regenerasi sel dan meningkatkan kekebalan tubuh. Hindari begadang dan ciptakan suasana tidur yang nyaman.

BACA JUGA:8 Tips Mudah Menghafal TWK untuk Lolos Tes SKD CPNS 2024

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Jantung dengan Mengonsumsi 3 Herbal Inl

Kategori :