Diapresiasi Kemendag, Inovasi Pengendalian Inflasi Kerjasama Antar Daerah Kota Jambi jadi Role Model Nasional

Kamis 12-09-2024,22:11 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

"Beruntun, angka inflasi di Kota Jambi kembali lebih rendah dibandingkan dengan inflasi nasional dan provinsi. Secara indeks, memang terjadi yoy untuk Kota Jambi, namun masih tetap dibawah posisi inflasi nasional dan provinsi," pungkasnya.

BACA JUGA:Polda Jambi Pastikan Mayat Pria di Bayung Lencir adalah Matnur, Sopir Mobil Rental Asal Kualatungkal

BACA JUGA:Progres Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino Capai 100 Persen, Siap Uji Kelayakan

Upaya Pemkot Jambi tersebut rupanya mendapat apresiasi oleh Kemendag RI dan diyakini dapat menjadi role model bagi daerah lainnya dalam pengembangan inovasi pengendalian inflasi di daerah.

"Perlu mengoptimalkan sumber daya di daerah dan melakukan inovasi, sebagai contoh yang dilakukan oleh Kota Jambi, memanfaatkan peran koperasi sebagai off taker," ujar Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan RI, Bambang Wisnubroto.

Lebih lanjut, Bambang sampaikan banyak daerah yang menganggap bahwa penggunaan dana BTT (Bantuan Tidak Terduga) sering beresiko untuk dilaksanakan, sehingga harus ada solusi cepat untuk mengatasi segera pembiayaan pembelian komoditas, salah satunya inovasi pemanfaatan koperasi.

"Yang dilakukan Kota Jambi dapat direplikasi dan dicontoh daerah lain sebagai role model. Sehingga pelaksanaan perdagangan secara bussiness to bussiness (b to b), idealnya selaras dengan kerjasama government to gevernment (g to g)," tambah Bambang.

Tags :
Kategori :

Terkait