Diapresiasi Kemendag, Inovasi Pengendalian Inflasi Kerjasama Antar Daerah Kota Jambi jadi Role Model Nasional

Kamis 12-09-2024,22:11 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Upaya pengendalian inflasi Kota Jambi mendapat apresiasi ditingkat nasional.

Terutama terhadap upaya untuk menstabilisasi ketersediaan pasokan komoditas pangan kebutuhan pokok penting bagi masyarakat, melalui upaya kerjasama perdagangan antar daerah.

Hal tersebut mengemuka saat Sekretaris Daerah Kota Jambi, A Ridwan didaulat menjadi narasumber pembicara pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan RI, di éL Hotel Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis pagi 12 September 2024. 

Mengangkat tema “Penguatan Peran Perdagangan Melalui Peningkatan Perdagangan Komoditas Antar Wilayah”, FGD tersebut dibuka secara langsung oleh Direktur Barang Kebutuhan Pokok dan Barang Penting Kementerian Perdagangan RI, Bambang Wisnubroto.

BACA JUGA:Peringatan HUT ke-65 Pepabri di Jambi Meriah dan Khidmat

BACA JUGA:Berkunjung ke Dusun Tanah Tumbuh, Jumiwan Aguza Minta Doa dan Dukungan Masyarakat

Turut mendampingi Sekda Kota Jambi, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Jambi, Evridal Asri,  Kabag Kerjasama Setda Kota Jambi Mohd Andri Alvarabi, Kabag Perekonomian dan SDA Setda Kota Jambi, Hendra Saputra, dan Kabid Pengelolaan Pasar Disperindag Kota Jambi, Budi Setiawan.

Kegiatan tersebut berlangsung secara hybrid dan virtual, diikuti oleh Kepala Dinas Perdagangan seluruh Indonesia.

Dalam paparannya, Sekda A Ridwan memaparkan best practice, kiat sukses pengendalian inflasi Kota Jambi melalui fasilitasi Kerjasama Antar Daerah (KAD) dan melibatkan koperasi KPN-KPKJ sebagai eksekutor implementasi belanja komoditas melalui KAD dalam upaya stabilisasi dan intervensi harga komoditas pangan di Kota Jambi.

"Support dan keterlibatan banyak pihak turut menentukan keberhasilan pengendalian inflasi," jelas Ridwan, Sekda Kota Jambi dalam paparannya.

BACA JUGA:Polda Jambi Mulai Penyelidikan Kasus Pembunuhan Sopir Mobil Rental Asal Kualatungkal, Ini Keterangan Penumpang

BACA JUGA:BI Jambi Dorong Transformasi Ekonomi Keuangan Digital Melalui Gebyar Ekonomi Digital dan Literasi Jambi

Selama ini Pemkot Jambi didukung penuh oleh Bank Indonesia dan Koperasi KPN KPKJ Kota Jambi dalam upaya pengendalian inflasi.

Keterlibatan banyak pihak tersebut sebut Ridwan, sangat mengefektifkan gerak langkah Pemkot Jambi selama ini, sehingga berbuah manis dengan terkendalinya pasokan komoditas bagi Kota Jambi.

"Penguatan kerjasama daerah dengan daerah produsen memang intens kita laksanakan sejak tahun 2022 hingga saat ini. Kejasama Daerah selama ini turut dibantu oleh berbagai pihak seperti KPN KPKJ dan pihak Bank Indonesia Perwakilan Jambi. Sehingga harga dan inflasi juga terkendali dengan baik," ujar Sekda Kota Jambi itu.

Tags :
Kategori :

Terkait