PON 2024, Selebrasi untuk Sukses Bangkit dari Tsunami 20 Tahun Lalu

Senin 09-09-2024,11:24 WIB
Reporter : Risza S Bassar
Editor : Risza S Bassar

Gempa bumi megathrust bawah laut, yang disebut sebagai Gempa Bumi Sumatera-Andaman itu dipicu oleh rekahan sepanjang patahan Lempeng Burma dan Lempeng Hindia. Gempa bumi itu memicu tsunami setinggi 30 meter, atau 12 kali tinggi net olahraga bola voli.

BACA JUGA:Beri Tips Kepada Generasi Muda, Ini yang Dilakukan Hafiz Fattah Bisa Terlepas dari Jerat Narkoba

BACA JUGA:Anniversary 1 Tahun Diffan Hotel Jambi, Berikan Kenyamanan dan Pelayan Prima

Memacu lagi pembangunan seusai luluh lantak oleh tsunami Memacu lagi pembangunan

286.000 orang di 14 negara meninggal dunia akibat tsunami itu, termasuk 221.000 yang meninggal atau hilang di Aceh, sampai kemudian dianggap sebagai bencana alam paling dahsyat sejak pencatatan skala bencana alam diperkenalkan.

Bantuan dari seluruh dunia mengalir ke negara-negara yang ditimpa tsunami 2004 itu, yang angkanya mencapai 14 miliar dolar yang jika disesuaikan dengan nilai kurs 2023 mencapai 23 miliar dolar AS (Rp355 triliun).

7 miliar dolar AS di antaranya, yang berasal dari pemerintah Indonesia dan donor-donor internasional, mengalir ke Aceh.

Perlu waktu lama bagi Aceh untuk memulihkan diri dari bencana itu, tapi dalam kurun delapan tahun Aceh pulih setelah menjalani proses rekonstruksi panjang nan berjenjang yang dipuji komunitas global, termasuk Bank Dunia.

BACA JUGA:Lomba Burung JADI Cup 1 Berlangsung Sukses

BACA JUGA:Festival Literasi Geragai, SKK Migas-PetroChina Int' Jabung Ltd Mengulas Tradisi Bedak Sejuk Duano

Ada banyak hal positif yang muncul dari bencana itu, tetapi yang paling penting mungkin ada dua.

Pertama, Indonesia menjadi memiliki sistem tanggap bencana yang lebih efektif dan cepat, yang terbukti sangat penting mengingat kondisi geografis Indonesia membuatnya harus siap menghadapi bencana alam di masa mendatang.

Dengan siap menghadapi bencana, Indonesia bisa menyelamatkan banyak nyawa dan mengelola biaya rekonstruksi yang lebih efektif serta terarah, ketika bencana terjadi lagi.

Aceh telah memberikan pelajaran sangat penting, berupa pengalaman dan pengetahuan sangat berharga kepada Indonesia dan bahkan dunia, mengenai apa yang seharusnya dilakukan ketika bencana terjadi, dan bagaimana bersiap menghadapinya.

BACA JUGA:SKK Migas - PetroChina International Jabung Ltd Bersama Kaula Muda Geragai Bincang Budaya di Festival Literasi

BACA JUGA:Kehadiran Cabup Jumiwan Aguza di Sungai Mancur Disambut Meriah Warga dan Grup Rebana

Kategori :