Damkar dan BPBD Apresasi SKK Migas PetroChina Adakan Workshop “Fire & Explosion Engineering Safety Processing

Selasa 03-09-2024,10:19 WIB
Reporter : Harpandi
Editor : Edo Adri

Jambi, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID – Workshop dengan tema "Fire & Explosion Engineering, Safety Processing & Production Facility", SKK Migas PetroChina mengundang beberapa stakeholder terkait seperti Damkar Provinsi Jambi, Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur, BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur serta tamu undangan lainnya.

Hal ini sebagai bentuk sinergitas yang baik antara SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd dengan Pemerintah Provinsi Jambi, Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Rudy Hermawan, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd, Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman mengenai apa saja material yang bisa memicu terjadinya kebakaran dan penanganan kebakaran dan ledakan yang bisa kapan saja terjadi dengan tepat, baik bagi karyawan PetroChina sendiri dan stakeholder terkait seperti Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Damkartan) Provinsi dan Kabupaten maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat provinsi dan kabupaten.

"PetroChina memiliki komitmen untuk terus melakukan improvement baik untuk karyawan maupun untuk stakeholder kita. Sehingga bisa bersama sama menambah ilmu dalam penanganan kebakaran dan ledakan," jelas Rudy. 

BACA JUGA:Adik Kandung Wagub Jambi Ajak Warga Dukung dan Menangkan H Abdul Rahman-Guntur di Pilwako Jambi

BACA JUGA:SKK Migas PetroChina Gelar Workshop 'Fire & Explosion Engineering Safety Processing & Production Facility'

Dalam workshop ini, SKK Migas PetroChina International Jabung Ltd menghadirkan Dr. Ir.Adrianus Pengaribuan, MT, PFE, CFEI sebagai narasumber.

Dr. Ir. Adrianus Pangaribuan MT, PFE, CFEI. pakar Fire & Explosion Professional Forensic Investigator. Beliau merupakan doktor bidang enggineering dari Universitas Indonesia, pemegang pertama dari Indonesia sertifikat Fire and Explosion Investigation (CFEI) dari National Association Fire Investigation (Amerika Serikat).

KasiOps Damkar Provinsi Jambi, Timotius mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan PetroChina International Jabung Ltd ini sangat bagus karena berkaitan langsung dengan kegiatan yang dihadapi Damkar Provinsi Jambi.

“Harapannya kita dapat terus berkolaborasi dalam melaksanakan simulasi – simulasi kebakaran apalagi saat ini sudah ada beberapa Lokasi yang mengalami musibah kebakaran,” kata Timotius.

BACA JUGA:Sudirman Zaini Siap Menangkan Jumiwan Aguza - Maidani

BACA JUGA:Tak Gentar! Jay Idzes Ungkap Peluang Indonesia Taklukkan Arab Saudi di Jeddah

Sementara itu, Kepala Pelaksana Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Zulfaisyal menjelaskan PetroChina merupakan Perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kami sangat terbantu dengan adanya program dan kegiatan bersama dalam penanganan bencana di wilayah kami.

“Di Kabupaten Tanjung Jabung Timur, kami sudah dibantu dan disuport oleh PetroChina International Jabung Ltd dalam pembentukan relawan damkar dan kegiatan kegiatan bersama,” jelasnya.

Untuk itu dukungan PetroChina dalam membentuk relawan damkar di kecamatan geragai sangat baik dan pastinya sangat dibutuhkan. Bahkan Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur pernah diikutsertakan dalam simulasi penanggulangan yang dilakukan beberapa waktu yang lalu mengenai penanggulangan tumpahan minyak dilaut.

Kategori :