Lampaui Target dan Rencana, Progres Pembangunan IKN Sangat Positif

Selasa 03-09-2024,21:03 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - PEMBANGUNAN Ibu Kota Nusantara (IKN) tahap satu terus menunjukkan progres positif. Otorita IKN (IKN) mencatat pekerjaan infrastruktur dasar batch satu sudah mencapai 92 persen. Disusul dengan batch dua 57 persen dan batch tiga 15 persen. Angka itu tidak hanya sesuai target, melainkan juga menunjukkan bahwa pekerjaan infrastruktur dasar yang digarap oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berjalan dengan baik. 

Sejumlah proyek yang terdiri atas Jalan Tol, Jaringan Pipa Transmisi Air Minum, Apartemen atau Rusun ASN, Hunian Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan TNI, serta beberapa Komplek Kantor Kementerian dipastikan selesai tahun ini. Menteri PUPR sekaligus Pelaksana Tugas Kepala OIKN Basuki Hadimuljono menegaskan bahwa selepas peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia, pembangunan IKN terus berlanjut. 

Sesuai dengan komitmen Presiden Joko Widodo dan Presiden Terpilih Prabowo Subianto, pemerintah akan terus membangun IKN sampai tuntas. ”IKN adalah lambang kota yang akan menjadi epicentrum pembangunan Indonesia, yang Indonesia sentris, bukan Jawa sentris,” kata Basuki. Dia pun menyebutkan beberapa proyek infrastruktur dasar yang sudah hampir selesai dan diperkirakan selesai seratus persen tahun ini. 

Diantaranya pembangunan Jalan Tol IKN 5A Segmen SP Tempadung-Jembatan Pulau Balang (91,5 persen), Jalan Tol IKN 3A Segmen Karangjoang-KKT Kariangau (83,3 persen), Jalan Tol IKN 3B Segmen KKT Kariangau-SP Tempadung (96,4 persen), Pembangunan Jaringan Perpipaan Transmisi Air Minum SPAM Sepaku Paket 2 (98,9 persen), Pembangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator 1 (87,1 persen),  dan Pembangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator 3 (89,2 persen). 

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Warga Penyengat Rendah Kota Jambi Cemas, Kebakaran Lahan Mendekati Sekolah

BACA JUGA:Karhutla di Jambi, 3 Ribu Hektar Lebih Hutan dan Lahan Terbakar

Selain itu,  Pembangunan Gedung dan Kawasan Kantor Kementerian Koordinator 4 dengan persentase mencapai 93,5 persen juga sudah nyaris tuntas dan dipastikan selesai tahun ini. Demikian pula dengan pembangunan apartemen atau rusun untuk ASN. Semuanya menunjukkan progres positif. ”Realisasi pekerjaan-pekerjaan itu lebih cepat dari rencana dan target,” kata Basuki. Karena itu, dia sangat optimistis ada banyak infrastruktur dasar yang selesai dikerjakan tahun ini. 

Ketua Satuan Tugas (Satgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis H. Sumadilaga menyampaikan bahwa progres pembangunan IKN sangat bagus. Termasuk prioritas pekerjaan yang digenjot oleh Kementerian PUPR pasca peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia. Salah satunya pembangunan rusun ASN. Menurut dia, saat ini sudah ada 12 rusun ASN yang sudah siap huni. 

Danis memastikan, jumlah rusun ASN siap huni akan terus bertambah. Sehingga proses pemindahan ASN ke IKN bisa berjalan lancar. ”September Oktober sudah 21 tower. Bahkan November-Desember sudah sekitar 47 tower,” ucap dia. Guna menjamin kebutuhan para ASN terpenuhi, Kementerian PUPR menyebutkan bahwa rusun ASN di IKN sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang seperti minimarket, cafe, dan klinik.AA

Tags :
Kategori :

Terkait