Karhutla di Jambi, 3 Ribu Hektar Lebih Hutan dan Lahan Terbakar

Selasa 03-09-2024,18:30 WIB
Reporter : Risza S Bassar
Editor : Risza S Bassar

Setiap hari, Danrem bersama timnya bergerak dari Posko menuju lokasi kebakaran melalui jalur sungai Batanghari menggunakan speedboat, sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan perahu sampan untuk mencapai area kebakaran yang terletak sekitar 7 kilometer ke arah darat.

BACA JUGA:Pj Bupati Raden Najmi Sambut Kedatangan Tim Pemeriksa JKN BPKR RI

BACA JUGA:Diam-diam Maidani Selesaikan 3 Rumbel MTS dan MA di Sungai Arang

"Penanganan Karhutla ini membutuhkan koordinasi lintas wilayah dan sinergi dari semua pihak. Kondisi lahan gambut memerlukan penanganan serius, dan kami sangat menghargai dukungan dari semua stakeholder, terutama perusahaan yang ada di wilayah ini," terang Brigjen Rachmad.

Brigjen Rachmad juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada para relawan dari berbagai komunitas dan masyarakat setempat yang turut serta membantu upaya pemadaman tanpa pamrih.

"TNI, Polri, dan unsur terkait akan terus berupaya dan terjun langsung bersama tim untuk menangani Karhutla ini," tambahnya.

Di Desa Rantau Panjang, masyarakat setempat merasa terbantu dengan penanganan cepat dari pihak terkait. Kades Rantau Panjang, Datuk Ari, menyampaikan rasa terima kasihnya.

BACA JUGA:Sepi Peminat! Ini Formasi Kosong Pelamar di CPNS Pemkab Tanjab Timur

BACA JUGA:Pendaftar CPNS Sarolangun Capai 2.056 Peserta, Ini Formasi yang Paling Diminati

"Alhamdulillah, api sekarang sudah padam, tinggal asapnya saja. Kami sangat senang dengan kedatangan Bapak Danrem yang langsung berbaur dengan kami," ujarnya dengan nada syukur.

Sebanyak 250 personel dari TNI-Polri, BPBD, Manggala Agni, dan warga masyarakat setempat diterjunkan untuk menangani kebakaran ini.

Mereka juga didukung oleh 4 helikopter water bombing dari Satgas Udara, 2 alat berat, mesin Water Intake, Sambuponti, serta berbagai peralatan pemadam lainnya.

Meskipun upaya pemadaman terus dilakukan, ancaman kebakaran hutan dan lahan di Provinsi Jambi masih jauh dari kata usai.

BACA JUGA:Gelar Rapat Bersama, Partai Koalisi Siap Menangkan Pasangan Jumiwan Aguza - Maidani

BACA JUGA:Nikmati Keuntungan Maksimal di Festival Hari Pelanggan Nasional Honda 2024

Titik api terus bermunculan di berbagai wilayah, menandakan bahwa perjuangan untuk melindungi hutan dan lahan di Jambi dari kebakaran masih panjang dan membutuhkan kerja keras dari semua pihak.

Kategori :