Sinergi Bersama REI, Pj Wali Kota Jambi Kampanyekan 'Gerakan Menanam Sejuta Pohon'

Selasa 20-08-2024,21:01 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi bersama Dewan Pengurus Daerah (DPD) Real Estat Indonesia (REI) Jambi melakukan penanaman pohon dalam gerakan “Penanaman Sejuta Pohon” di Indonesia, Selasa (20/8/2024).

Dilaksanakan di Perumahan Kampung Dara, Kelurahan Eka Jaya, Kecamatan Paal Merah, penanaman pohon bersama REI itu dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih dengan melakukan penanaman pertama bersama Wakil Ketua Umum DPP REI Bidang Vegetasi dan Lanskap Djoko Handoko Halim Santoso dan Ketua DPD REI Jambi Abror Lubis. 

Mengawali sambutannya, Pj Wali Kota Jambi mengucapkan selamat kepada REI Jambi atas Musyawarah Daerah (Musda) ke X (sepuluh) yang dilaksanakan di Kota Jambi.

Dirinya juga mengapresiasi DPD REI yang telah menginisiasi kegiatan menanam pohon tersebut yang merupakan wujud nyata kepedulian terhadap kelestarian lingkungan di kota Jambi. 

BACA JUGA:Apresiasi Penegakan Hukum Karhutla di Jambi, Perkumpulan Hijau Minta 2 Perusahaan Ini Ditindak Tegas

BACA JUGA:Pj Bupati Raden Najmi Kumpulkan Kepala SKPD, Atasi Tunggakan Pajak

"Ini merupakan awal yang baik untuk suksesi Musda REI Jambi, semoga dapat diteruskan. Dimana kelestarian lingkungan ini merupakan peranan yang sangat vital terutama ketersediaan sumber daya air di wilayah kota Jambi," ujarnya. 

Dikesempatan itu, Sri juga mendorong agar secara bersama-sama turut memperbanyak kegiatan menanam pohon agar dapat menimalisir bencana banjiir di Kota Jambi

"Perubahan iklim saat ini adalah tantangan bagi kita, peningkatan gas rumah kaca di atmosfer semakin mengkhawatirkan, oleh karena itu penanaman pohon adalah salah satu bagian terpenting yang mempengaruhi terhadap kualitas kekritisan lahan sebagai penghasil oksigen dan kerusakan alam," sebutnya. 

Sri juga berharap, dengan adanya gerakan penanaman pohon oleh REI ini bisa sebagian besarnya di lakukan di Kota Jambi. 

BACA JUGA:Pj Bupati Raden Najmi Targetkan Masuk 5 Besar MTQ Ke-53 Tingkat Provinsi Jambi

BACA JUGA:Polsek Kumpeh Ulu Ringkus Pelaku Penganiayaan Sopir Truk Batu Bara

"Dengan lahan yang tidak begitu luas, maka dari itu pemanfaatan lahan sangatlah diperlukan di Kota Jambi. Dengan adanya sinergi bersama REI ini, kita berharap bisa membantu Pemerintah dalam memaksimalkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi publik," harap Sri. 

"Sejalan dengan itu, perlunya upaya bersama baik Pemerintah, organisasi, dan pihak swasta dalam penanganan pemanasan global," lanjutnya. 

Pj Wali Kota Jambi itu juga mengungkapkan upaya Pemerintah mewujudkan RTH yang maksimal bagi masyarakat, dimana saat ini di kota Jambi telah berjalan di angka 27 persen, sementara sesuai perundang-undangan kewajiban Pemerintah menyediakan 30 persen RTH bagi publik. 

Tags :
Kategori :

Terkait