Sambut Hari Kemerdekaan, Pj Wali Kota Jambi Bagikan Ribuan Bendera Merah Putih

Selasa 06-08-2024,14:54 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia Ke-79, Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi menggelar berbagai rangkaian kegiatan, salah satunya adalah pembagian 10 Juta bendera Merah Putih, yang merupakan rangkaian dari kegiatan Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 tahun 2024.

Pada kegiatan itu, Pemkot Jambi memberikan ribuan bendera Merah Putih kepada masyarakat, yang dilaksanakan secara simbolis dikawasan Tugu Keris Siginjai Kota Baru, Senin 5 Agustus 2024 pagi.

Tampak Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih memimpin pembagian bendera secara cuma-cuma tersebut.

Ia membagikan bendera Merah Putih kepada ratusan siswa-siswi yang hadir dalam kegiatan tersebut serta kepada pengendara kendaraan roda dua dan empat yang melintasi kawasan itu.

BACA JUGA:Tugaskan Tim Optimalisasi Pajak Daerah, Pj Wali Kota Harap Wajib Pajak Taat

BACA JUGA:BPBD Tebo Catat Ada 58 Hotspot di Tebo Sejak Januari Hingga Awal Agustus 2024

Dalam giat itu, Pj Wali Kota Jambi turut didampingi unsur Forkopimda lingkup kota Jambi, Sekda, Staf Ahli, Asisten, Kepala OPD, Kabag Setda, Camat dan Lurah dilingkup Pemkot Jambi.

Dalam sambutannya, Sri Purwaningsih mengatakan, kegiatan tersebut selain dalam rangka menyemarakkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, juga sebagai wujud cinta Tanah Air dan memupuk rasa bangga kepada bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia, Sang Saka Merah Putih. Kegiatan itu juga merupakan arahan dari pemerintah pusat dalam hal ini Bapak Menteri Dalam Negeri. 

"Bendera Merah Putih merupakan simbol identitas jati diri bangsa yang mengandung filosofi sangat mendalam dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Dimana para pahlawan dan pejuang dengan ikhlas dan rela mempertaruhkan nyawanya demi menjaga dan membela tegaknya Sang Saka Merah Putih sebagai wujud berdiri tegaknya bangsa Indonesia," ujarnya.

Kata Sri, setiap warga negara Indonesia sejak dini telah di didik untuk menghormati bendera Merah Putih, sebagai salah satu identitas bangsa yang memiliki nilai-nilai yang sangat kuat dan dapat membangkitkan semangat nasionalisme dan patriotisme itu.

BACA JUGA:Padahal Bisa Dipidana 5 Tahun Penjara, Pelaku Galian C Ilegal di Kabupaten Kerinci Belum Tersentuh

BACA JUGA:Sempat Terhenti Selama 56 Tahun, Penyerahan Duplikat Bendera Pusaka oleh BPIP Ternyata Ada Dasarnya

"Oleh karenanya, pemerintah memandang perlu untuk membagikan bendera Merah Putih tersebut kepada seluruh lapisan masyarakat sebagai identitas dan simbol pemersatu bangsa Indonesia," jelas Sri.

Lanjutnya, itu berlangsung selama satu bulan penuh di bulan Agustus yang merupakan bulan kemerdekaan, sehingga diharapkan seluruh lapisan masyarakat dapat merasakan semarak dan meriahnya perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus yang pada tahun ini telah mencapai 79 tahun.

"Mari kita maknai kegiatan ini dengan kembali mengingat sejarah panjang perjuangan para pahlawan bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Tanpa mereka kita tentu tidak akan sampai pada kondisi Indonesia merdeka yang maju dan berdaulat seperti saat ini. Untuk itu mari terus tingkatkan rasa nasionalisme dan cinta tanah air dengan terus mencintai simbol dan alat pemersatu bangsa Indonesia yaitu “Bendera Merah Putih”.

Kategori :