PWI Pusat

Rabu 24-07-2024,22:10 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

Mirza Mirwan

Yang sering di-salah-mengerti publik kita tentang pilpres di AS adalah ini: dikira pemenang pilpres adalah peraih suara terbanyak. Padahal menang-kalah pilpres di sana ditentukan oleh suara elektoral (electoral votes), bukan suara populer (popular votes). Maka pada pilpres 2016 Hillary Clinton yang unggul 2.865.075 suara ketimbang Trump ternyata kalah dalam suara elektoral. Di AS memang orang datang ke TPS memilih gambar Biden, Trump, atau capres lain.

Tetapi sebenarnya mereka itu memilih anggota electoral college (kolese elektoral). Nah, hakikatnya, anggota kolese inilah yang memilih capres. Jumlah anggota kolese elektoral ini sama dengan jumlah anggota House (DPR) yang 435 ditambah jumlah anggota Senat yang 100, ditambah tiga dari Distrik Colombia 3 orang. Jadi totalnya 538 orang. Untuk memenangi pilpres harus memenangi setengah suara elektoral ditambah satu, 269+1= 270. Kecuali di negara bagian Maine dan Nebraska, suara elektoral (EV) itu menggunakan sistem "winner takes all".

Jadi, misalnya, di pilpres nanti Kamala Harris memenangi 28 dari 55 EV di California, maka seluruh 55 EV itu dimenangi Kamala. Tetapi tidak demikian halnya dengan di Maine dan Nebraska. Kalau Kamala hanya menang 1 EV dari 4 EV di Maine, ya hanya satu itulah suara elektoral untuk Kamala. Begitu pula dengan 5 EV di Nebraska. Jadi meraih suara populer terbanyak dalam pilpres di AS belum tentu meraih suara elektoral terbanyak. Contohnya ya Hillary Clinton dalam pemilu 2016.

iya nok

U.S.A. Ulcered Sphincter of Ass-erica V for Vendetta (2006) rating : 8,1 IMDb ; 73% rottentomatoes #sufi

Juve Zhang

Hari ini Tiongkok jadi Tuan Rumah Mempersatukan 14 Faksi Yg Ada Di Palestina termasuk Hamas dan Fatah....Setelah Sukses Jadi Juru Damai Saudi Arabia dan Iran....kini Tiongkok jadi juru Damai Palestina Bersatu....bahkan Zelensky Mengutus Mentri Luar Negeri nya ke Beijing untuk penjajakan Damai dengan Rusia....Tiongkok Juru Damai Netral....Ameriki menakutkan bagi Negara Cinta Damai...karena Raja Tukang Hasut Sana Hasut Sini....wkwkwk...Kepecayaan Itu Mahal....Banyak Negara mau Gabung BRICS terpaksa di stop dulu seleksi masuk BRiCS....Juru Damai Itu Netral....Bukan Tukang Gosok Pantat Orang.....wkwkw

Artikel ini juga sudah tayang di disway.id, dengan judul PWI Pusat

Kategori :