PWI Pusat

Rabu 24-07-2024,22:10 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

Menurut Hendry, sejak tiga kepengurusan sebelumnya, sudah berlaku aturan itu. Ada SK-nya. Yakni siapa yang berjasa mendapatkan sponsor akan mendapat bagian.

Dari situlah muncul rumor soal cashback. Dan siapa saja yang menerimanya. Hendry memang tidak menerima tapi dianggap harus bertanggung jawab.

Hendry adalah pensiunan pimpinan redaksi Kompas. Kini ia memimpin media online Hello Indonesia. Di zaman ketua umum PWI  Margiono, Hendry menjabat sekjen.

Hendry orang Karo. Marganya Bangun. Waktu kecil namanya Hendry Bangun --terinspirasi oleh kehebatan tokoh palang merah dunia asal Swiss, Hendry Dunant. 

Ia pun dipanggil Hendrik. Waktu kelas tiga SD di Medan di tengah nama Henry Bangun diberi singkatan ’’Ch’’: Henry Ch Bangun. Itu karena sekeluarganya menjadi mualaf. ”Ch” adalah singkatan Chairuddin. Sebelum itu keluarga ini menganut agama adat.

Kalau tidak ada yang mengalah, heboh PWI ini masih akan panjang. Kecuali dewan penasihat turun tangan dengan full power. Ketuanya: Ilham Bintang. Ia bos besar media terkenal Cek Ricek. Ia dua kali menjabat ketua dewan kehormatan.

Sebenarnya saya ingin Ilham sekali lagi menjabat Dewan Kehormatan. Tapi aturan melarang: maksimal hanya boleh dua periode.

Rasanya Ilham adalah tokoh ”langitan” terakhir menjabat ketua dewan kehormatan. Kongres PWI harusnya ketat menetapkan persyaratan ketua dewan kehormatan: agar terjaga tradisi bahwa ketua dewan kehormatan adalah kelas ”suhu”.

Tapi beginilah konsekuensi sistem pemilihan dengan cara suara terbanyak. Rasanya sudah waktunya susunan pengurus dewan kehormatan jangan dipilih berdasarkan suara terbanyak.

DK adalah hati nuraninya  profesi. Bukan wakil suara terbanyak. DK adalah penjaga etika tertinggi sebuah profesi, bukan corong suara terbanyak.(Dahlan Iskan)

Komentar Dahlan Iskan di Disway Edisi 23 Juni 2024: Drama Juga

thamrindahlan

Kemala Haris sudah benar bagaimana memposisikan dirinyi selama menjadi Wapres. Tidak boleh ada 2 matahari di langit biru. Memang begitulah seharusnya sikap wakil sebenarnya untuk jabatan orang nomor 2 disemua organisasi. Wakapolri, wagub wamen wabup tahu diri atau kebih tepat menahan diri agar sinar Bos lebih menyala. Raja Hamengkuwono jadi contoh terbaik ketika menjabat wapres Republik Indonesia. Kabar baik untuk dunia bila Donald Trump terpilih nenjadi Presiden Amerika yaitu kebijakan perihal perang. Tidak lagi menghabiskan anggaran untuk perang bela belain negara lain sementara ekonomi dalam negri semakin trend merosot kalah dibanding China. Bisa jadi inilah sisi baik Donald Trump perlu didukung oleh seluruh warga bumi.

Tidak usah jadi Ketua KPU atau jadi tim sukses segala. Perusuh cukup berdoa semoga diiĵabah Tuhan Yang Maha Esa Penderitaan rakyat Palestina berakhir sudah. Aamìn. Salamsalaman.

Mirza Mirwan

Peraturan (rules) di Partai Demokrat berbeda dengan Partai Republik. Meski Biden mendukung Kamala Harris tidak serta-merta Kamala bisa dinominasikan sebagai capres Demokrat. Sebab 3.896 delegasi (kemarin saya menulis 3900-an) yang dimenangi Biden dalam primary dan kaukus tidak bisa dilimpahkan kepada Kamala. Berbeda dengan di Partai Republik, di mana saat Ron deSantis dan Vivek Ramaswamy mundur dari primary serta-merta melimpahkan delegasi mereka kepada Trump, dan menjelang konvensi Nikki Haley juga melimpahkan 97 delegasinya.

Kategori :