Penonton Antusias Saksikan Pertunjukkan Bejolo di Ujung Tanjung, Maestro Senandung Jolo Terharu

Rabu 24-07-2024,09:48 WIB
Reporter : Elvina Desti Saputri
Editor : Edo Adri

JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Ratusan penonton menyaksikan pergelaran 'Bejolo di Ujung Tanjung' hasil kolaborasi enam seniman dan tiga maestro Senandung Jolo. Pementasan tradisi ini melibatkan 100 anak-anak sekolah di Kecamatan Kumpeh, Kabupaten Muarojambi, Jambi pada Sabtu 20 Juli 2024

Tiga maestro Senandung Jolo yakni Wak Mariam, Wak Degum dan Wak Zuhdi. Kemudian seniman pengajar adalah Muhammad Taufiq Hidayat, Fino Andreka, Dwi Putra Yan Ramadona dan Anggi Okfrida seniman musik. Lalu seniman tari perempuan Ajeng Briliant dan seniman teater tradisi Suwandi Wendy.

"Kita mau mewariskan tradisi Senandung Jolo kepada anak-anak dan membuat masyarakat bangga terhadap nilai dan kearifan Bejolo," kata Maestro Zuhdi pada Rabu 24 Juli 2024.

Dia menceritakan mulai mengolah tradisi Senandung Jolo menjadi pertunjukkan musik yang diiringi beberapa alat musik seperti gambang, gendang dan gong sejak tahun 1985.

BACA JUGA:Penonton Antusias Saksikan Pertunjukkan Bejolo di Ujung Tanjung, Maestro Senandung Jolo Terharu

BACA JUGA:Tak Hanya Kegiatan Fisik, TMMD ke-121 Kodim 0415/Jambi Juga Gelar Sunatan Massal

Untuk menjaga tradisi tetap hidup, Zuhdi bahkan nyaris bercerai dan kehilangan hewan-hewan ternaknya. Kesibukan untuk tampil dari panggung ke panggung dan latihan membuatnya sulit secara ekonomi.

Namun usaha Zuhdi dengan teman-teman di bawah naungan Sanggar Mengorak Silo berbuah manis. Senandung Jolo menjadi pusat perhatian pada 2014 ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

Hampir satu dekade berselang, Sanggar Seni Mengorak Silo mendapatkan hibah Dana Indosiana Kemdikbudristek, untuk mewarikan pengetahuan Senandung Jolo ke generasi muda.

"Kami tumbuh dan hidup dari masa lalu. Walau berada di zaman sekarang kami maestro tak menguasi teknologi. Makanya kami berkolaborasi dengan seniman-seniman," kata Zuhdi.

BACA JUGA:BI Jambi Bersama TPID Panen Perdana Cabai Merah Program Replikasi Infratani

BACA JUGA:Ketua TP PKK Batanghari Zulva Fadhil Buka Pencanangan PIN Polio Tingkat Kabupaten Batanghari

Setelah proses latihan selama 3 bulan, malam ini kata Zuhdi adalah puncak pementasan Bejolo di Ujung Tanjung. Anak-anak tampak antusias dan begitu menjiwai dalam memainkan pertunjukkan Bejolo, karena didukung teknologi serta elemen seni masa kini.

Sementara itu Direktur Musik, Muhammad Taufiq Hidayat menuturkan pementasan Bejolo di Ujung Tanjung memiliki konsep merajut tradisi dan modrenitas.

Sebuah karya kreatif dan inovatif ini menggabungkan berbagai elemen seni dan teknologi untuk menciptakan pengalaman yang mendalam dan imersif. Lalu menggunakan pendekatan interaktif dan multisensorial untuk merayakan kekayaan kesenian Senandung Jolo sembari menjebatani tradisi dan inovasi kontemporer.

"Dalam dunia yang semakin global, penting untuk menjaga dan mempromosikan warisan budaya kita dengan cara yang dapat diterima dan dinikmati generasi muda dan audiens internasional," kata seniman bergelar magister seni ini.

BACA JUGA:Dirreskrimsus Polda Jambi Pimpin Pengecekan Hotspot di Perbatasan Provinsi Jambi-Sumsel, Ini Hasilnya

BACA JUGA:Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono Harap PWI Provinsi Jambi Raih Medali di Porwanas XIV Kalsel

Bajolo do Ujung Tanjung, kata dia bukan hanya tentang pengembangan kesenian tradisional dalam upaya menjaga warisan budaya tapi juga tentang menciptakan masa depan yang lebih kaya, beragam dan harmonis.

"Ini adalah cara untuk menghormati masa lalu sambil membangun jembatan menuju masa depan yang lebih baik," terangnya.

Melalui kombinasi musik, tari, teater dan sastra pertunjukkan Bejolo di Ujung Tanjung menciptakan sebuah narasi yang mengajak penonton untuk menjelajahi dan merasakan berbagai aspek dari setiap kreativitas dan sebuah perjalanan emosional dan kultural dalam menghargai harmoni antara tradisi dan modrenitas.

Setiap elemen seni terintegrasi secara harmonis untuk menghasilkan pengalaman yang tak terlupakan bagi penonton. Kemudian dapat memperkaya pemahaman mereka tentang Senandung Jolo dan potensi kreatifnya dalam konteks dunia hari ini.

BACA JUGA:Kodim 0415/Jambi Gelar Gladi Resik Upacara Pembukaan TMMD ke-121

BACA JUGA:Besok Upacara Pembukaan TMMD ke-121 di Desa Sukamaju, Mestong, Ini Kata Pabung Kodim Jambi

"Antusias masyarakat Kumpeh sangat luar biasa. Ratusan orang datang untuk menyaksikan pertunjukkan. Kami merasa terharu mendapatkan apresiasi yang hebat," kata Taufiq.

Pertunjukkan dominan menggunakan alat musik gambang yang kemudian dipadukan dengan musik masa kini dan teknologi multimedia. Tidak hanya mengolah artistik, para seniman dan anak-anak juga menyajikan kritik sosial.

Pertunjukkan teater dengan jelas mendorong masyarakat untuk menyadari alih fungsi hutan, telah mengancam keberlangsungan Senandung Jolo.

Gambang itu alat musik pendukung Senandung Jolo. Untuk membuatnya butuh kayu mahang. Dengan adanya deforestasi membuat kayu mahang semakin langka. Persoalan lingkungan menjadi masalah bersama untuk sekarang dan masa depan.

BACA JUGA:Dandim 0415/Jambi Pastikan Kesiapan Upacara Pembukaan TMMD ke-121

BACA JUGA:Dandim 0415/Jambi Tinjau Pembuatan Sumur Bor di Desa Suka Maju, Mestong

Rangkaian acara juga diwarnai dengan pengumuman pemenang lomba kompangan, syair karangan, Bejolo di atas perahu dan lomba masakan tradisional.*

Kategori :