Plt Kadisnaker, Koperasi dan UKM Buka Walk In Interview Community Officer Kerjasama Pemkot Jambi dengan BTPN

Rabu 17-07-2024,19:52 WIB
Reporter : Gita Savana
Editor : Gita Savana

KOTA JAMBI, JAMBI-INDEPENDENT.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Jambi melalui Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM (DTKKUKM) menggelar Walk In Interview Community Officer berkerjasama dengan PT BTPN Syariah Jambi, yang berlangsung di Aula DTKKUKM kota Jambi, Rabu 17 Juli 2024 pagi. 

Kegiatan yang dibuka langsung Plt Kepala Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM Kota Jambi, M Jaelani mewakili Pj Wali Kota Jambi itu, turut dihadiri Kepala Perekrutan BTPN Syariah Jambi Stephani dan tim serta puluhan pelamar pekerjaan. 

Dalam Sambutannya, Kepala DTKKUKM kota Jambi Jaelani mengatakan, tingkat angka pengangguran terbuka saat ini tergolong masih tinggi, hal itu sebut Jaelani disebabkan beberapa faktor, salah satunya letak geografis kota Jambi sebagai Ibu Kota Provinsi yang menjadikan kota Jambi sebagai pusat segala aktivitas, terutama banyaknya para pencari kerja yang datang dari berbagai daerah untuk mencari keberuntungan di kota Jambi. 

“Dari data yang dihimpun, mayoritas perguruan tinggi dan sekolah di kota Jambi, kurang lebih menghasilkan 8.000 pencari kerja. Sementara hanya 20 persen yang terserap. Untuk itu kita harus menyikapinya," kata Jaelani usai membuka kegiatan tersebut,” kata Jaelani. 

BACA JUGA:Sekda Muaro Jambi dan Kepala OPD Donor Darah Peringati Hari Adhiyaksa

BACA JUGA:Kapolres Pimpin Upacara Sertijab 4 Pejabat Polres Sarolangun, Ini Nama-namanya

Dia menambahkan, menyikapi berbagai persoalan itu, Pemerintah kota Jambi menyiapkan berbagai strategi dan aksi guna menuntaskan pengangguran terbuka di Kota Jambi, seperti diantaranya menggandeng pihak swasta serta bekerjasama dengan mitra Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). 

"Seperti hari ini, kita menggandeng BTPN Syariah Jambi, serta juga Lembaga Pelatihan Kerja (LPK). Seperti beberapa waktu lalu sebanyak 25 LPK di Kota Jambi sudah kita terbitkan izinnya. Jadi nantinya akan menampung para lulusan SMA/SMK serta D1 yang akan dilatih untuk pendidikan profesi dan keahlian," terang Jaelani. 

"Jadi LPK ini merupakan lembaga yang tenaganya di isi oleh pengajar-pengajar professional dari berbagai sektor usaha diantaranya sepeti hotel dan restoran," lanjutnya. 

Kata Jaelani, Pemerintah Kota Jambi melalui DTKKUKM juga terus mengimbau para pencari kerja untuk mengubah pola pikir agar dapat memanfaatkan semua peluang yang ada, serta mendorong untuk menjadi seorang wirausaha sebagai wadah menciptakan lapangan kerja. 

BACA JUGA:Inspektorat Kerinci Rampungkan Pemeriksaan Penggunaan Dana Desa

BACA JUGA:Polres Bungo Tangkap Seorang Wanita Pengedar Sabu Jaringan Aceh-Pekanbaru, 1 Kg Sabu Disita

"Saya juga tekankan untuk tidak lagi beorientasi menjadi PNS maupun P3K atau Pegawai-pegawai Pemerintah tapi coba menekuni semua peluang yang ada karena ke depan tantangan juga sudah semakin banyak dan berat,” imbaunya.

Dia menyebut, Pemkot Jambi terus mendorong UMKM berkembang, dan mempermudah berbagai perizinan usaha guna merekrut tenaga kerja baru. 

“Kita juga mendorong UMKM untuk terus berkembang, agar juga bisa menyerap tenaga kerja,” jelasnya.

Kategori :